Timnas Spanyol Terancam Diskualifikasi di Piala Dunia 2018

  • Bola
  • 16 Des 2017 | 03:07 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 983 kali
image
(foto: istimewa)

beritajowo // bola - Timnas Spanyol terancam akan didepak dari putaran final Piala Dunia 2018 oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Sanksi itu akan dijatuhkan jika pemerintah Spanyol ikut campur dalam pemilihan Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Untuk diketahui saat ini RFEF dipimpin oleh Juan Luis Larrea sebagai presiden sementara menyusul digantinya Angel Maria Villar yang dituduh terlibat korupsi.

"Kami dapat konfirmasikan FIFA baru-baru ini telah mengirimkan surat pada RFEF yang menunjukkan keprihatinannya dengan situasi federasi. Kami mengingatkan, semua asosiasi anggota harus mengatur urusan mereka secara independen," bunyi pernyataan FIFA, Sabtu (16/12/2017) dilansir Reuters. 

"Semua asosasi harus diyakinkan bahwa tidak ada campur tangan dari pihak ketiga dalam urusan internalnya. FIFA telah berkomunikasi dengan RFEF dan dalam beberapa pekan ke depan delegeasi anggota FIFA dan UEFA akan melakukan perjalanan ke Madrid untuk menganalisa RFEF."

Jika dalam analisasnya nanti ditemukan adanya intervensi pemerintah dalam pemilihan presiden, FIFA akan menjatuhkan sanksi pada Timnas Spanyol. Harapan mereka tampil di pesta sepak bola empat tahunan di Rusia akan sirna.

Hal ini langsung ditanggapi kapten Sergio Ramos. "Saya tidak percaya Spanyol akan kehilangan apa yang telah kami kerjakan dengan amat keras di lapangan hanya karena persoalan institusional. Saya sulit untuk mempercayai itu," kata Ramos.

Sementara itu Perdana Menteri Spanyol Mariano Sajoy tidak khawatir dengan ancaman FIFA tersebut. "Saya tak dapat merenungkan skenario itu. Saya yakin Spanyol akan tampil di Rusia dan kami akan memenangkannya."

Soal campur tangan pemerintah pernah juga dialami Indonesia pada 2015. Itu menjadi contoh terakhir di mana sepak bola harus terhenti setelah pemerintah dinilai FIFA mengambil alih urusan federasi.

img
BeJo@23
EDITOR
Loading...

Olahraga Terbaru