Ratu Tisha: PSSI Vision 2045, Kirim 24 Pemain Garuda Select ke Inggris

  • Sport
  • 11 Jan 2019 | 15:46 WIB
  • Oleh Dtc
  • Dilihat 135 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / Jakarta - PSSI mengirim sebanyak 24 pemain U-16 akan ke Inggris. Mereka akan menimba ilmu selama enam bulan. Program PSSI tersebut bekerjasama dengan SuperSoccer TV. Para pemain yang dibawa merupakan hasil seleksi dari program Elite Pro Academy yang telah berangsung sejak akhir tahun 2018. 

Program Garuda Select tersebut memberikan peluang bagi anak-anak muda berbakat Indonesia mendapatkan beasiswa untuk berlatih sepakbola di Eropa, dimana peserta yang terseleksi akan mendapatkan bimbingan pelatih-pelatih profesional. 

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destri menjelaskan bahwa program tersebut menjadi bagian untuk mengembangkan sepakbola Indonesia. Para pemain diharapkan bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bisa dibawa pulang untuk menjadikan mereka pemain timnas.

"Seperti yang sudah pernah kami canangkan PSSI Vision 2045 yaitu Indobesia bisa menembus Olimpiade. Yang pertama dimulai pada 2018, 2020, 2024, 2034 dan 2045. Visi kita menargetkan tiga pilar untuk pemain, pelatih dan wasit," ujar Tisha di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

"Untuk pemain kami siapkan mulai dari kompetisi. Dari sini, kami punya selektion. Untuk memiliki pengalaman berlatih di luar negeri. Itu lah target-target PSSI yang ujungnya adalah national team lolos di Olimpiade Paris 2024." 

"Artinya Oimpiade 2024 jadi target PSSI kami persiapkan lima tahun sebelumnya. Kami mulai dari kemarin 2018 di Elit Pro Aademy, dan di tahun ini Elit Pro Academy akan kami mainkan gradenya untuk diberikan kesempatan berlatih di luar negeri," dia menambahkan.

Dalam program perdana Garuda Select ini, para pemain yang terseleksi akan berlatih di Inggris dengan bimbingan pelatih-pelatih profesional di bawah panduan Direktur Teknis Dennis Wise serta dibantu Des Walker sebagai Pelatih Kepala. 

Selain itu, mereka juga berkesempatan mendalami ilmu Sport Science dan kepelatihan dasar sepakbola profesional di bawah naungan Federasi Sepak bola Inggris (FA). Selama di sana, para pemain juga akan merasakan melawan tim-tim profesional di Inggris.

Direktur Teknis Dennis Wise menjelaskan selama di Inggris para pemain akan menjalani sejumlah program. Hal pertama yang difokuskan adalah mengembleng fisik untuk membentuk stamina yang kuat dan profesional.

"Tidak hanya sepakbola, pendidikan mereka juga akan dipenuhi. Nanti kami siapkan guru dari Indonesia. Di sana juga akan diajarkan kepelatihan dasar bermain sepakbola profesional," kata eks pemain Chelsea itu.

Tidak hanya 24 pemain, program ini juga melibatkan pelatih. Empat pelatih diberangkatkan yakni Bima Sakti, Ilham Ramadona, Sopian Hadi, dan I Gde Mahatma Darma. Mereka akan bertolak ke Inggris pada 15 Januari 

Sementara pemain yang masuk program Garuda Select sebagian besar merupakan alumni timnas Indonesia U-16 asuhan Indra Sjafri. Di antaranya Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, David Maulana, Andre Oktaviansyah, dan M Supriyadi. 

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

Olahraga Terbaru