Achmad Hulaefi Tambah Medali Indonesia di Asian Games

  • Sport
  • 21 Agu 2018 | 14:42 WIB
  • Oleh CNN
  • Dilihat 78 kali
no image
foto(istimewa)

beritajowo.com // jakarta - Cabang olahraga (cabor) wushu menambah medali bagi kontingen Indonesia di Asian Games 2018 dengan meraih perunggu melalui Achmad Hulaefi dari nomor daoshu dan gunshu putra di JIExpo, Selasa (21/8).

Dalam pertandingan tersebut Hulaefi meraih total poin 19,41. Hasil itu merupakan gabungan poin di daoshu (9,70) dan gunshu (9,71).

Untuk medali emas di nomor daoshu dan gunshu diraih atlet asal China, Zhaohua Wu, dengan 19,52 poin, sedangkan medali perak menjadi milik Korea Selatan lewat Seungjae Cho dengan 19,45 poin.

Capaian ini membuat Achmad Hulaefi memperbaiki prestasinya di Asian Games 2014. Di Asian Games yang digelar di Incheon, Korea Selatan, itu Hulaefi harus puas menempati peringkat kelima dan gagal bersaing memperebutkan medali.

Sebelum perlombaan dimulai, Hulaefi sudah memprediksi atlet dari China dan Korea Selatan akan menjadi pesaing terberatnya. Karena saat di Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, atlet dari Korsel dan China memiliki nilai di atas Hulaefi.

Medali perunggu ini membuat Achmad Hulaefi memperbaiki prestasinya di Asian Games 2014. (REUTERS/Beawiharta)

"Penampilan tadi cukup baik, karena saya bisa mengendalikan diri. Sejak awal saya cukup optimistis ada di tiga besar,"

"Dukungan penonton menambah motivasi, adrenaline saya langsung naik dan badan terasa enteng," Hulaefi menambahkan.

Medali perunggu itu tidak saja capapain terbaik Hulaefi, tetapi juga wushu Indonesia di Asian Games. Nomor daoshu dan gunshu sendiri baru dipertandingkan di Asian Games pada edisi 2010 di Guangzhou, China.

Pada Asian Games edisi ke-16 itu Indonesia berhasil menempati peringkat keempat di nomor daoshu dan gunshu melalui David Hermawan dengan total poin 19,19. Medali emas di Asian Games 2010 diraih atlet asal Makau Jua Rui (19,61), perak dimiliki Lee Jong-chan dari Korea Selatan (19,42 poin), dan perunggu diraih Nguyen Manh Quyen dari Vietnam dengan 19,38 poin.

Pada kesempatan tersebut Indonesia menempatkan dua wakilnya di nomor daoshu dan gunshu. Hanya saja, Aldy Lukman yang tampil bersama David hanya menempati posisi keenam klasemen akhir dengan nilai 18,81.

"Medali ini untuk bangsa Indonesia. Terima kasih untuk semua bangsa Indonesia. Kita semua satu tim sudah berjuang dengan penuh semangat. Selalu dukung Indonesia," ucap Hulaefi.

img
BeJo@22
EDITOR

Olahraga Terbaru