Edgar Xavier Atlet Penyumbang Medali Pertama Indonesia

  • Asian Games 2018
  • Sport
  • 19 Agu 2018 | 18:10 WIB
  • Oleh CNN
  • Dilihat 42 kali
image
Edgar Xavier Marvelo penyumbang medali pertama Indonesia di Asian Game 2018. (REUTERS/Beawiharta)

beritajowo.com / Jakarta, - Atler wushu Indonesia Nama Edgar Xavier Marvelo mendadak jadi buah bibir setelah berhasil menyumbang medali pertama dari nomor cangquan putra di Asian Games 2018, Minggu (19/8).

Edgar yang tidak diunggulkan justru tampil memukau. Ia berhasil menyabet medali perak dengan catatan 9,72 poin atau unggul dari atlet asal Taiwan, Tsai Tsemin, yang memperoleh 9,70 poin.

Sementara medali emas berhak dimiliki Sun Peiyuwan yang memperoleh skor 9,75. Edgar hanya tertinggal 0,3 poin dari wakil China tersebut.

Prestasi Edgar di Asian Games 2018 bukan keberuntungan semata. Ia sudah menggeluti olahraga wushu sejak usia enam tahun dan berhasil mendulang sejumlah prestasi gemilang di berbagai kejuaraan nasional dan internasional.

Edgar Xavier Marvelo melakukan atraksi di Asian Games 2018.Edgar Xavier Marvelo melakukan atraksi di Asian Games 2018. (REUTERS/Beawiharta)

Di usia 13 tahun, Edgar pernah meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior di Singapura pada 2011. Kesuksesannya berlanjut dengan medali emas di Asean Schools Games Filipina pada 2014 lalu.

Di tingkat nasional, ia pernah memenangi Kejuaraan Nasional Wushu Junior 2015.

Pada 2017, Edgar membuktikan kualitasnya dengan torehan medali emas di Kejuaraan Dunia Wushu 2017 di Rusia ketika pewushu DKI Jakarta itu berhasil meraih medali emas. Sayang, ia hanya menyabet perunggu di SEA Games 2017 di Malaysia.

Edgar dikenal sebagai atlet muda pekerja keras. Ia selalu melahap latihan rutin enam kali dalam sepekan. Selama di pelatnas, dia ditangani oleh mantan pewushu nasional, Susyana.

Edgar Xavier Marvelo raih perah di nomor changquan.Edgar Xavier Marvelo raih perah di nomor cangquan. (REUTERS/Beawiharta)

Selepas pertandingan, Edgar tak lupa menngucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang menempanya hingga mencapai titik ini.

"Yang pasti senang sekali dan bangga bisa ada perasaan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata luar biasa. Kami sudah melakukan latihan empat bulan di China, uji coba di Iran, ASEAN Games, dan kejuaraan dunia," kata Edgar usai pertandingan.

"Sebenarnya hasil ini jauh di luar ekspektasi saya. Puji Tuhan, ternyata bisa dapat perak untuk Indonesia. Ini kesempatan sekali seumur hidup bisa mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia."

img
BeJo@17
EDITOR

Olahraga Terbaru