40 Cabang Olahraga yang Dipertandingkan di Asian Games 2018

  • Sport
  • 16 Jul 2018 | 15:12 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 101 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / jakarta - Sesuai dengan yang telah disetujui oleh OCA (Olympic Council of Asia), pada penyelenggaraan Asian Games tahun 2018 di Jakarta dan Palembang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang olahraga, yang terdiri dari 28 cabang olahraga Olimpiade, 4 cabang olahraga baru pada Olimpiade dan 8 cabang olahraga non Olimpiade. Selain itu, dari 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan tersebut, akan terdiri dari 67 disiplin pertandingan, 463 nomor pertandingan dan 2 cabang olahraga eksibishi.

40  cabang olahraga Olimpiade terdiri dari:

Anggar.

Angkat Besi.

Atletik.

Badminton.

Balap Sepeda.

Baseball / Softball.

Bela Diri (Martial Arts: Jujitsu, Kurash / jenis olahraga beladiri yang memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Olahraga Kurash berasal di wilayah Tatarstan Asia Tengah atau yang sekarang dikenal dengan wilayah Uzbekistan. Gerakan dasar olahraga Kurash ini menyerupai olahraga beladiri Gulat dan olahraga beladiri Judo, hanya saja dalam Kurash kondisi bantingan berada dalam posisi berdiri pada kaitan atas, tidak diperkenankan menggunakan kaitan pada kaki, Pencak Silat, Sambo / seni bela diri modern yang dikembangkan di Uni Soviet.

Kata Sambo kadang ditulis dengan huruf besar "SAMBO" dan merupakan akronim dari ??????????? ??? ?????? (SAMooborona Bez Oruzhiya), artinya "bela diri tanpa senjata". Sambo didasarkan pada gulat tradisional Armenia, Georgia, Moldova, Uzbekistan, Mongolia, dan Azerbaijan,  dan Wushu).

Berkuda.

Bola basket.

Bola tangan.

Bola volley.

Bowling.

Bridge.

Canoe / Kayak.

Golf.

Gulat.

Hockey.

Jet Ski.

Judo.

Kabadi (permainan khas India yang sudah ada sejak ribuan tahun silam. Permainan ini mirip dengan Gobak Sodor di Indonesia, tentunya dengan beberapa perbedaan mendasar. Para sejarawan berspekulasi bahwa permainan ini berasal dari zaman prasejarah di negara bagian Tamil Nadu, hampir 4.000 tahun yang lalu. Kabaddi diyakini berasal dari kata “kai pidi” yang berarti “berpegangan tangan” dalam bahasa Tamil.

Karate.

Layar.

Menembak.

Panahan.

Panjat Tebing.

Pentathlon Modern.

Renang.

Rowing.

Rugby 7.

Senam.

Sepakbola.

Sepak Takraw.

Sepatu Roda.

Squash.

Taekwondo.

Tenis.

Tenis Meja.

Terbang Layang.

Tinju.

Triathlon.

Dan cabang olahraga yang dieksibisikan adalah:

1. e-Sport.

2. Canoe Polo.

Cara mengetahui adanya jumlah disiplin cabang olahraga yang dipertandingkan adalah sebagai berikut. Misalnya, cabang olahraga Renang terdiri dari 4 disiplin pertandingan: renang (ada 41 nomor pertandingan), diving (10), renang indah (2) dan water polo (2). Demikian pula dengan bola basket: bola basket 5 x 5 dan bola basket 3 x 3.

Kemudian berkuda, yang terdiri dari: dressage, eventing dan jumping. Akan halnya senam: artistic (14), rhythmic (2) dan trampoline (2). Dan menembak: rifle, pistol, skeet and trap dan running target. Serta contoh lainnya adalah di cabang olahraga gulat: freestyle dan greco roman.

Meskipun Asian Games 2018 baru akan dibuka secara resmi pada tanggal 18 Agustus 2018, namun demikian ada beberapa cabang olahraga yang sudah dipertandingkan sebelum pembukaan Asian Games, di antaranya cabang olahraga renang (water polo) mulai tanggal 16 Agustus 2018, kemudian bola basket 5 x 5 yang dipertandingkan di Basket Hall GBK mulai tanggal 14 Agustus 2018, selanjutnya sepakbola (laki-laki) yang mulai dipertandingkan di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Pakan Sari Bogor, Stadion Patriot Chandrabhaga Bekasi dan Stadion Wibawa Mukti Cikarang pada tanggal 14 Agustus 2018 sedangkan untuk sepakbola (perempuan) mulai dipertandingkan di Stadion Jakabaring dan Stadion Bumi Sriwijaya Palembang pada tanggal16 Agustus 2018.

Dan yang paling awal dipertandingkan adalah cabang olahraga bola tangan mulai tanggal 13 Agustus 2018 di Gelanggang Olahraga POPKI Cibubur – Jakarta Timur.

img
BeJo@17
EDITOR

Olahraga Terbaru