KTM Tolak Regulasi Penghapusan Fairing di MotoGP

  • Sport
  • 17 Apr 2018 | 15:22 WIB
  • Oleh SPC
  • Dilihat 84 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo.com / london - Otoritas MotoGP menghapus penggunaan sayap pada motor setahun terakhir. Namun kebijakan tersebut direspons pabrikan dengan pengembangan sayap berkedok fairing. Hal ini kembali ditentang oleh KTM sebagai pemain baru di ajang balap primer ini.

Dilansir dari GP One, Selasa (17/4), sayap selama ini dianggap pelengkap aeorodinamis. Setelah sayap dilarang, para insinyur menciptakannya dengan nama baru, yaitu fairing yang bentuknya tak jauh berbeda.

Pada pertemuan Asosiasi Pabrikan Sepada Motor Sport (MSMA) di Argentina beberapa waktu lalu, KTM mengirimkan surat. Singkatnya perusahaan Austria ini meminta otoritas menghentikan pengembangan fairing.

Alasannya manfaat fairing pada motor tak sebesar pada mobil, sehingga pengembangan item ini tak diperlukan. Ini hanya menghabiskan biaya tak menentu bagi pabrikan MotoGP.

KTM mengusulkan pengembangan aerodinamis ini dibekukan, bahkan jika mungkin fairing dilarang secara definitif.

Sayangnya perubahan peraturan ini harus disepakati semua produsen.

KTM mendapat dukungan dari Honda dan Suzuki. Aprilia dan Yamaha netral, sementara Ducati menganggap penelitian aerodinamis ini sebagai salah satu kekuatannya.

img
BeJo@17
EDITOR

Olahraga Terbaru