Coach Man City Pep Guardiola Akui Juara Liga Inggris Sangat Sulit

  • Bola
  • 15 Apr 2018 | 18:42 WIB
  • Oleh SPC
  • Dilihat 120 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo.com / manchester - Pelatih Manchester City Josep Pep Guardiola mengaku pencapaian gelar juara Liga Inggris 2017/2018 akan menjadi pencapaian tertingginya selama ini.

Menurutnya, menuju podium utama di Liga Inggris lebih sulit ketimbang meraih gelar juara di dua kompetisi yang pernah digeluti.

Pep mengatakan, jika dibandingkan saat dia meraih gelar La Liga Spanyol bersama FC Barcelona. Pun juga saat mengantarkan Buyern Muenchen meraih gelar juara Bundesliga Jerman. Maka  menukangi Manchester City menjadi Raja Liga Inggris musim ini, kata dia lebih terasa sulitnya.

Lebih sulit untuk memenangkan Liga Inggris dari pada Bundesliga atau La Liga, kata Pep seperti dikutip dari laman Espana Football, pada Ahad (15/4). Menurut dia, tingkat kesulitan tersebut, lantaran Liga Inggris memang menyajikan kompetisi sepak bola yang lebih kompetitif.

Mungkin itu (kesulitan) juga karena kondisi cuaca, stadion, dan jumlah pertandingan yang tanpa istirahat panjang, ujar dia. Kata Pep, jika sukses mencapai gelar juara bersam City musim ini, akan menjadi prestasi tertingginya selama hampir satu dekade menjadi pelatih.

Gelar juara Liga Inggris ini, mungkin akan menjadi salah satu pencapaian terbesar saya. Mungkin akan seperti saat saya pertama kali memenangkan La Liga dan Liga Champions bersama Barcelona, ujar dia.

City, di musim Liga Inggris tahun ini memang punya kans besar meraih gelar juara. Meski masih menyisakan lima laga. Namun pada pekan ke-34 saat menjamu Swansea City, Ahad (22/4) akan menjadi laga pengunci bagi City untuk mengklaim gelar juara.

City sampai pekan ke-33, sudah punya nilai 87 angka di papan klasemen. Terpaut 16 angka dari tim sekota Manchester United di peringkat kedua dengan nilai 71 angka. Jika City berhasil menang dan mengunci gelar juara, prestasi tersebut akan menjadi pencapaian pertama Pep di Liga Inggris.

Pep melatih City sejak musim 2016/2017. Sebelum menuju City Stadium, Pep melatih Muenchen dan berhasil mempertahankan dominasi dengan tiga kali berturut meraih gelar juara. Yakni pada musim 2013/2014, dan 2014/2015, juga 2015/2016.

Namun reputasi gemilang Pep, sebetulnya saat bersama Barcelona. Pelatih jebolan Katalan itu, juga mencatatkan tiga gelar La Liga bersama the Cules. Yaitu pada 2008/2009, 2009/2010, juga 2010/2011. Bersama the Blaugrana, Pep juga memberikan gelar Liga Champions 2008/2009, serta 2010/2011.

Terkait kans gelar juara Liga Inggris musim ini, Pep mengaku optimistis bisa meraihnya. Kata dia, mengalahkan Swansea di kandangnya sendiri, tentu akan membuat upaya mengunci gelar tersebut lebih mudah.

Sekarang kami memilik pertandingan yang kami harapkan bisa merayakan gelar di depan suporter kami sendiri, ujar dia. Akan tetapi, meski bakal sukses meraih gelar juara Liga Inggris, musim ini Pep terbilang gagal. Sebab sejak awal musim, pelatih 47 tahun itu menargetkan mampu menyapu empat gelar.

Yakni gelar juara Liga Inggris, Liga Champions. Pun juga juara FA, juga Piala Liga Inggris . Tetapi, dari empat gelar tersebut, baru Piala Liga Inggris yang sudah berhasil direbut. Sementara Liga Champions dan Piala FA, City dipaksa tersingkir.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

Olahraga Terbaru