Ingin Taklukan RC213V, Morbidelli Belajar Kecelakaan dari Marquez

  • Sport
  • 13 Mar 2018 | 14:02 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 77 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo.com // sport - Debutan anyar Marc VDS Honda, Franco Morbidelli mengaku banyak belajar dari rider Repsol Honda, Marc Marquez dalam menjalani proses adaptasi di MotoGP. Juara dunia Moto2 2017 tersebut bahkan mengaku dirinya belajar soal 27 kecelakaan yang dialami Marquez sepanjang musim lalu.

Jumlah kecelakaan Marquez ini hanya kalah dari "koleksi" Sam Lowes, dan uniknya, ia tak pernah sekalipun mengalami cedera. Marquez bahkan "bangga" atas semua kecelakaannya, menyebut insiden-insiden ini adalah bagian dari caranya mencari limit performa RC213V.

Hal inilah yang dipelajari Morbidelli, meski ia dikenal sebagai rider yang tenang dan jarang gegabah.

"Saya tak suka kecelakaan, saya juga bukan rider yang sering jatuh di Moto2, saya mengalami sangat sedikit kecelakaan. Tapi saya paham bahwa dengan motor ini, jika ingin paham limitnya, Anda harus kecelakaan. Anda harus ngotot dan mencapai limitnya, dan sangat mudah terjatuh jika Anda berusaha mencarinya," ujarnya.

Rider Italia yang juga anggota VR46 Riders Academy ini bahkan mendapat nasihat langsung dari Marquez, yang telah mengoleksi empat gelar di kelas tertinggi. Menurut Morbidelli, RC213V memang sulit dijinakkan, dan sudah merupakan tugas pembalap untuk mencari semua cara untuk membuatnya lebih mudah dikendarai.

"Marc mengajari kami. Ia berkata kepada kami bahwa kecelakaan adalah cara menemukan limit. Kami tak harus benar-benar kecelakaan, tapi jika Anda ingin cepat belajar, Anda harus benar-benar ngotot. Saya sadar motor kami tak mudah dikendalikan, tapi kami bekerja keras dan kami semakin baik. Kami puas atas hal ini," ungkapnya.

Morbidelli pun senang bisa mendapat akses penuh untuk membaca data dari motor Marquez dan Dani Pedrosa tahun lalu. "Data itu adalah berkah bagi saya. Belajar dari para rider ini seperti membaca kitab suci, kitab suci dari balap motor. Jadi ini berkah bagi kami," pungkas rider yang akrab disapa Franky ini.

img
BeJo@23
EDITOR

Olahraga Terbaru