Hadangan Lin Dan Disingkirkan Ihsan Maulana di Malaysia Masters 2018

  • Sport
  • 18 Jan 2018 | 10:58 WIB
  • Oleh KMC
  • Dilihat 260 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / kelantan - Kejutan dari para pebulu tangkis tunggal putra nasional kembali terjadi pada babak pertama turnamen Malaysia Masters 2018. Setelah Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting sukses mengalahkan lawan-lawan mereka yang berstatus unggulan, kali ini giliran Ihsan Maulana Mustofa yang membuat kejutan besar.

Ihsan berhasil menundukkan Lin Dan melalui rubber game dengan skor 21-16, 18-21, 21-17, di Axiata Arena, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Rabu (17/1/2018).

Ihsan membuka gim pertama dengan baik. Dia bahkan mampu unggul 11-6 saat gim kesatu mencapai fase interval.

Selepas jeda, Lin Dan sempat menyamakan skor menjadi 13-13. Namun, ketenangan Ihsan berhasil memperlebar jarak kembali menjadi 15-13 dan kemudian mencapai game point 20-15 setelah meraih dua poin beruntun.

Lin Dan yang belum mau menyerah begitu saja masih bisa menambah satu poin lagi, tetapi hal itu tidak cukup untuk menghentikan laju Ihsan. Ihsan mengamankan gim pertama setelah memenangi perebutan poin berikutnya.

Tertinggal satu gim membuat Lin Dan bermain lebih agresif pada gim kedua. Tak seperti pada gim pembuka, kali ini Lin Dan tampil dominan dengan terus memegang kendali permainan.

Setelah unggul 6-5 dan 9-7, Lin Dan pun menutup paruh awal gim kedua dengan keunggulan 11-8. Ihsan mencoba bangkit saat paruh akhir gim kedua dimainkan.

Upaya kerasnya ini berhasil mengubah skor menjadi 15-15. Duel antara Ihsan dan Lin Dan kemudian berjalan ketat. Kedua pemain bergantian mendulang poin hingga imbang pada skor 17-17.

Saat perebutan poin-poin kritis, Lin Dan yang lebih berpengalaman menunjukkan kematangan mental bertandingnya. Dia memenangi gim kedua dan memastikan laga berlanjut ke gim ketiga sebagai penentuan.

Memasuki gim penentuan, pertarungan semakin seru. Meski sempat tertinggal 8-11 pada paruh awal gim, Ihsan mampu bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 14-14.

Momentum kebangkitan Ihsan ini berlanjut hingga akhirnya berbalik unggul 18-14. Ihsan lalu mencapai match point dalam kedudukan 20-15, tetapi Lin Dan belum mau menyerah. Lin Dan masih bisa menambah dua poin lagi sebelum Ihsan memastikan kemenangan dalam tempo 71 menit.

Melalui hasil ini, Indonesia masih memiliki tiga wakil tunggal putra pada babak kedua Malaysia Masters 2018. Pada babak kedua, Ihsan akan menjumpai Suppanyu Avihingsanon (Thailand), Anthony menghadapi Anders Antonsen (Denmark), sedangkan Jonatan bertemu wakil tuan rumah, Lee Zii Jia.

img
BeJo@17
EDITOR

Olahraga Terbaru