Ban Baru Pirelli Untuk Hadapi F1 Musim 2018

  • Sport
  • 08 Nov 2017 | 04:20 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 58 kali
image
(Foto: istimewa)

Milan, beritajowo.com – Produsen ban asal Italia, Pirelli, berencana untuk memperkenalkan tipe ban keenam sebagai alternatif pilihan dalam menjamu Formula One (F1) musim 2018.

Kabarnya Pirelli akan membuat sebuah ban dengan senyawa baru menyerupai ban ultrasoft. Senyawa ini akan menjadi ban yang paling halus dari seluruh pilihan ban yang disediakan pemasok resmi F1 tersebut.

Mereka sengaja menciptakan ban dengan tekstur yang lebih lembut ketimbang sebelumnya, untuk memenuhi kebutuhan kecepatan yang diperlukan para pembalap. Karena ban supersoft dan ultrasoft menjadi langganan para pembalap untuk dipergunakan dalam setiap balapan.

Ban bertekstur lembut dinilai memiliki grip yang sangat baik ketika melibas lintasan dengan kecepatan tinggi. Namun resiko lainnya adalah degradasi ban yang terbilang cukup cepat, sehingga mewajibkan para tim untum mengatur strategi ban secara baik dan benar.

Ada argumen mengatakan setiap tim dapat bebas memilih salah satu dari enam pilihan ban yang disediakan oleh Pirelli dalam setiap balapan. Meski demikian, direktur Pirelli, Mario Isola, mengaku masih belum yakin dengan keputusan tersebut.

“Dengan kebebasan memilih, tim papan atas dapat memilih senyawa yang lebih keras dan untuk masuk menuju Q3 dan memiliki keunggulan yang jelas dalam balapan.,” terang Isola, sebagaimana diberitakan Sportsmole, Selasa (7/11/2017).

img
BeJo@23
EDITOR

Olahraga Terbaru