Harga Telur Ayam Naik

beritajowo.com//ambon Harga telur ayam ras yang ditawarkan pedagang di pasar tradisional Kota Ambon pekan ini bergerak naik.

Dalam pantauan Antara di pasar Mardika, Batumerah, dan pasar lama, Selasa, 20 April 2021, terlihat para pedagang menawarkan harga telur ayam ras kepada para pembeli dengan harga berkisar antara Rp1.700, dan Rp1.800 per butir, naik dari sebelumnya Rp1.600 per butir, sedangkan telur ayam kampung bertahan Rp2.500 per butir.

Jubaida, pedagang telur ayam ras di pasar Mardika, ketika dikonfirmasi mengatakan harga telur ayam ras di tingkat agen pemasok sedikit bergerak naik mengakibatkan harga eceran di pasar juga terjadi perubahan.

Dia mengatakan, harga telur ayam ras di tingkat agen pemasok Rp280 ribu per ikat (180 butir), itu berarti harga di tingkat pedagang pasar Rp1.600 hingga Rp1.700 per butir, namun di jual bervariasi hingga mencapai Rp1.800 per butir.

Hal ini dilakukan untuk mencari sedikit keuntungan guna menutupi kerugian, sebab di setiap ikatan yang terdiri dari 180 butir telur ada saja yang rusak, pecah, atau busuk.

Dia mengakui, banyak pembeli yang berbelanja telur ayam dalam ukuran rak yang dipatok Rp52 ribu hingga Rp54 ribu per kg.

Bervariasinya harga telur ayam ras tidak mempengaruhi harga daging ayam broiler beku yang selama ini di pasok dari Surabaya yakni Rp33 ribu per kg, daging ayam broiler segar hasil ternak petani lokal di pasok bervariasi mulai dari Rp45 ribu hingga Rp65 ribi per ekor tergantung ukuran, dan eceran Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per potong.

Sedangkan untuk ayam kampung yang sudah dibersihkan di patok Rp70 ribu hingga Rp90 ribu per ekor tergantung ukuran, dan ayam kampung yang masih hidup di patok Rp90 ribu hingga Rp100 ribu per ekor tergantung ukuran untuk jenis pejantan, dan Rp60 ribu per ekor untuk jenis betina.

Komentar

Loading...