Resep Teri Kacang Medan Pedas

beritajowo.com//semarang

• Bahan

- Ikan teri medan sebanyak 100 gram

- Kacang tanah sebanyak 50 gram

• Bumbu halus :

- Cabai merah keriting sebanyak 10 buah

- Bawang merah sebanyak 6 butir

- Bawang putih sebanyak 3 siung

- Lengkuas sebanyak 1 cm, memarkan

- Air asam jawa sebanyak 2 sdm

- Garam halus secukupnya

- Gula pasir secukupnya

- Minyak goreng secukupnya

• cara Membuat: 

- Siapkan terlebih dahulu teri medan yang akan kita sulap menjadi menu masakan lezat. Cuci teri medan hingga bersih dan terbebas dari kotoran atau pasir.

- Jika sudah bersih segera tiriskan agar kandungan air yang berada di teri bisa berkurang sehingga teri tidak terlau basah.

- Panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya lalu panaskan menggunakan api sedang sampai minyak betul-betul panas.

- Masukan teri medan yang sudah bersih tadi kemudian goreng hingga kering dan garing sambil sesekali diaduk agar tidak gosong. Angkat lalu tiriskan.

- Di wajan bekas menggoreng ikan teri medan tadi, masukan kacang tanah ke dalam wajan. Aduk-aduk kemudian goreng hingga kacang tanah garing dan berwarna kuning kecokelatan, angkat lalu tiriskan kacang tanah agar berkurang kandungan minyaknya.

- Kurangi minyak yang ada di dalam wajan hingga tersisa 3-4 sdm saja. Tambahkan bumbu halus lalu aduk-aduk hingga rata.

- Masukan juga lengkuas ke dalam tumisan bumbu lalu aduk kembali. Tambahkan juga air asam jawa ke dalam tumisan bumbu halus, kemudian kecilkan api.

- Tambahkan bahan-bahan perasa seperti garam halus serta gula pasir. Aduk-adu sampai semuanya menyatu kemudian cicipi rasanya agar pas dan sesuai selera anda.

- Masukan ikan teri medan goreng serta kacang tanah goreng ke dalamnya. Kemudian aduk-aduk hingga ikan teri medan dan kacang tanah terbalut bumbu.  Jika semua bahan sudah rata dan menyatu, matikan api dan teri kacang

Komentar

Loading...