Resep Kastengel Keju Klasik

beritajowo.com//semarang

• Bahan

- 125 gram (g) mentega

- 2 butir kuning telur

- 150 g tepung terigu

- 25 g tepung maizena

- 100 g keju edam diparut panjang

- 100 g keju gouda diparut panjang

- 1/4 sendok teh (sdt) baking powder

- 1 butir telur

- 1 sendok makan (sdm) susu UHT

- Gula tabur atau gula halus

• Cara Membuat

- Pertama, masukan bahan-bahan untuk membuat resep Kue Kastengel seperti mentega dan kuning telur ke dalam wadah/mangkuk

- Kedua, campurkan mentega dan kuning telur, lalu ocok menggunakan mixer hingga warna bahan-bahan untuk membuat resep Kue Kastengel tersebut berubah menjadi putih dan terlihat mengembang.

- Ketiga, masukan tepung terigu dan tepung maizena ke dalam adonan Kue Kastengel

- Setelah itu, Sweet Couple tambahkan keju ke dalam adonan Kue Kastengel dan aduk dengan sendok kue hingga adonan Kue Kastengel merata.

- Lalu, tuangkan baking powder dan aduk-aduk selama kurang lebih 1 menit.

- Kemudian, dinginkan adonan Kue Kastengel dengan memasukkannya ke dalam kulkas. Tunggu selama kurang lebih 1 jam.

- Selanjutnya, sembari menunggu adonan Kue Kastengel mendingin, buat olesan pada Loyang. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan telur dan susu UHT dalam satu wadah, lalu kocok hingga berbusa.

- Langkah selanjutnya adalah menyiapkan cetakan untuk Kue Kastengel. Ratakan adonan Kue Kastengel hingga ketebalan kurang lebih 5 – 7 milimeter (mm). Lalu, cetak adonan dan letakan adonan Kue Kastengel pada loyang.

- Berikutnya, panaskan oven hingga suhu 150º Celsius (C) selama 15 menit. Setelah selesai dipanaskan, masukan adonan Kue Kastengel ke dalam oven. Panggang adonan resep Kue Kastangel yang sudah ada di dalam loyang dengan temperatur 180º C selama kurang lebih 30 menit.

- Jika sudah matang dan selesai dipanggang, maka buka oven dan angkat loyang berisi adonan kue kastengel yang sudah berwarna kecokelatan.

- Olesi Kue Kastengel dengan mentega dan taburkan keju parut di atas Kue Kastengel. Tunggu hingga Kue Kastengel mendingin.

- Jika Kue Kastengel dirasa sudah dingin, maka masukkan Kue Kastengel ke dalam wadah penyimpanan/toples.

- Pastikan wadah penyimpanan/toplesnya tertutup dengan rapat dan kedap udara agar Kue Kastengel tidak mudah alot.

- Selesai sudah deh membuat Kue Kastengel untuk persiapan lebaran. Kue Kastengel ini siap untuk dihidangkan di hari Lebaran nanti.

Komentar

Loading...