Roti Viral 2021, Woll Roll Bread

beritajowo.com//

*Bahan-bahan

80 ml Susu UHT Full Cream (hangatkan)

3 gr/1 sdt Ragi Instan

300 gr Tepung Terigu Pro Tinggi (me: Cakra Kembar)

30 gr/2,5 sdm Gula Pasir

1/2 sdt Garam

1 butir Telur

100 ml Whipping Cream Cair

Secukupnya isian roti (Me: Cokelat Greentea, Strawberry, Ori) 

*Langkah

MEMBUAT BIANG:
Siapkan susu uht full cream yang sudah dihangatkan. Campur dengan ragi instan. Aduk-aduk sampai tercampur. Kemudian tutup dgn plastik/tutup gelas dan diamkan selama 5-10 menit. Bila biang berbuih tanda ragi aktif dan siap digunakan.

Siapkan wadah besar, masukkan tepung terigu, gula pasir dan garam. Kemudian aduk terlebih dahulu.

Masukkan telur, sebelumnya kocok terlebih dahulu. Lanjut masukkan biang yg sudah dibuat di step 2 tadi. Masukkan juga whipcream cair (bila tdk ada bs diganti dgn susu cair full cream).

Mixer dgn kecepatan maksimal sampai adonan berubah menjadi kalis. Tanda adonan kalis, bila adonan dilebarkan/direntangkan seperti pada gambar di bawah tidak sobek, tanda adonan sudah kalis.

Bulatkan adonan dan kumpulkan di tengah wadah. Tutup dengan kain/serbet/plastik bersih. Lalu diamkan/proofing selama kurleb 60 menit (sesuaikan dgn suhu lingkungan masing²).

Sambil menunggu adonan diproofing, siapkan loyang diameter 20 cm. Olesi dengan margarin dan alasi dgn baking paper dan olesi lagi dgn margarin. Sisihkan.

Kembali ke adonan yg diproofing di step 6 tadi. Bila tutup dibuka dan adonan menggembang 2 kali lipa tanda berhasil diproofing. Lanjut hilangkan udaranya. Ditusuk² dan uleni sebentar.

Bagi adonan menjadi 5 bagian. Masing² beratnya 110 gram. Atau sesuikan dgn kebutuhan. Kemudian bulatkan/rounding/rapikan lagi adonan.

Bulatkan adonan, gilas dan pipihkan dgn rolling pin (bila tdk ada gunakan gelas/botol). Kemudian setengah bagian adonan kerat²/potong tipis. 

Isi dengan isian yang telah disiapkan. Isikan dibagian ujung. Bisa gunakan isi apa saja sesuai kesukaan. Me: Cokelat Greentea, Cokelat Strawberry dan Cokelat Original. Selanjutnya lipat/tutup isian dgn adonan.

Selanjutnya gulung adonan dgn berlahan² agar motif keratannya tidak hilang/menjadi satu lagi. Masukkan ke dalam loyang yg sudah disiapkan pada step 7 tadi.

Ulangi langkah ini hingga semua adonan terbentuk. Dan tata melingkar adonan di dalam loyang. Lanjut proofing lagi selama kurleb 60 menit (sesuaikan suhu lingkungan masing²)

Setelah di proofing dan mengembang 2 kali lipat. Olesi bagian atas adonan roti dengan susu cair uht full cream secara tipis².

Panaskan oven di suhu 180°, menggunakan api atas bawah, selama 15 menit (sesuaikan dgn jenis oven masing²). Setelah panas, masukkan adonan roti dan oven roti dgn suhu tetap 180° menggunakan api atas bawah selama 20-25 menit.

Setelah matang keluarkan dari oven dan olesi bagian atas roti dengan margarin agar permukaannya tdk kering dan lebih mengkilat/shinne

Sajikan dalam kondisi roti masih hangat dgn secangkir teh/kopi. Cocok juga untuk sarapan.

Selamat menikmati.

Komentar

Loading...