Apa Itu Weton Jawa??

beritajowo.com//semarang-Dalam budaya Jawa, weton adalah perhitungan hari lahir seseorang yang digunakan sebagai patokan untuk menunjuk ramalan tertentu. 

Cara menghitung weton berdasarkan hari dan pasaran, ada juga yang dihitung berdasarkan bulan tahun kelahiran.

Perhitungan weton ini sangat penting bagi orang Jawa terutama saat akan melaksanakan suatu acara penting seperti pernikahan, pindah rumah, dan lain-lain.

Umumnya, weton digunakan untuk menentukan tanggal yang baik untuk pelaksanaan acara tersebut menghindari hari yang dianggap membawa peruntungan buruk. Selain itu, weton juga bisa untuk meramal kecocokan pasangan.

Karena digunakan untuk menentukan keputusan penting, maka cara menghitung weton tidak bisa dilakukan sembarangan, Parents. Biasanya perhitungan weton diserahkan kepada orang yang dituakan dan dianggap memiliki cukup ilmu untuk melakukannya. 

Kalender jawa terdiri dari 7 hari yang diadaptasi dari kalender Islam ditambah dengan 5 hari pasaran jawa. Di sini, weton yang menerangkan hari kelahiran merupakan gabungan dari hari kalender Islam dengan 5 hari pasaran jawa.

Cara menghitung weton yang pertama adalah dengan menggunakan neptu hari dan pasaran Jawa. Parents dapat melihat tabel berisi hari dan pasaran berikut nilainya seperti di bawah ini untuk menghitung weton Anda.

Komentar

Loading...