Mitos Malam Jum'at Kliwon

beritajowo.com//semarang-Dalam kalender Jawa, dalam setiap bulannya kita pasti akan menjumpai hari yang dianggap keramat bagi sebagian orang. Ya, tersebut adalah Jumat Kliwon.

Menjelang hari tersebut, ada yang namanya malam Jumat Kliwon yang memiliki kesan angker.

Saking horornya, sebagian orang tua terkadang melarang anak-anaknya untuk keluar rumah saat malam Jumat Kliwon karena dipercaya ada hal-hal menyeramkan yang terjadi saat malam itu.

Banyak prespektif masyarakat menanggapi mistisnya malam Jumat Kliwon, mulai dari lahirnya mitos seputar alam ghaib atau goib sampai adanya larangan tertentu.

Nah, biar nggak penasaran, Urbanasia telah merangkum sejumlah mitos yang katanya berkaitan banget nih dengan momen di malam Jumat kliwon. Diantaranya:

1. Banyak Hantu Berkeliaran

Konon, kalau malam Jumat Kliwon dikaitkan dengan hadirnya sosok hantu yang berkeliaran. Apalagi di lokasi yang dianggap sebagai tempat bersemayamnya makhluk halus.

Hal itu pun seringkali disampaikan oleh pemangku adat atau praktisi spiritual. Makanya nggak heran ya,kalau di malam tersebut sering dilakukan ritual untuk meminimalisir gangguan makhluk halus.

2. Malam Penuh Magis

Sebagian besar masyarakat Jawa cukup takut dengan Jumat Kliwon. Pasalnya di beberapa daerah guys, masyarakat Jawa menghentikan seluruh aktivitasnya di malam hari bila bertepatan dengan Jumat Kliwon loh.

Konon, kekuatan supranatural pada Jumat Kliwon bisa dimanfaatkan untuk melakukan ritual pesugihan, teluh dan lainnya. Hal lain yang bisa dilakukan adalah memandikan keris yang dianggap memiliki kekuatan magis.

3. Arwah Leluhur Datang ke Rumah

Saat malam Jumat Kliwon tiba, dipercaya orang tua, mbah atau kerabat lain yang telah meninggal diberi kesempatan untuk pulang ke rumah pada malam Jumat Kliwon.

Hal itu membuat masyarakat Jawa memiliki kebiasaan untuk ‘penyambutan’. Biasanya, mereka memasang sandingan, atau semacam sesaji berupa makanan favorit almarhum selama hidup. Yang paling umum dijadikan sandingan adalah ikan bandeng dan secangkir kopi di letakkan di ruang tamu.

Dipercaya bahwa arwah leluhur yang datang akan menikmati sesaji tersebut dan bahagia. Hingga saat ini, kebiasaan tersebut juga masih dilaksanakan sebagain besar masyarakat Jawa.

4. Menjaga Orang yang Meninggal di Malam Jumat Kliwon Selama 40 Hari

Selanjutnya nih Urbanreaders, masyarakat Jawa percaya bahwa orang yang meninggal saat malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon maka kuburannya harus dijaga selama 40 hari agar jasadnya tidak dicuri oleh orang yang sedang atau ingin mengamalkan ilmu hitam.

Mungkin karena dalam masyarakat Jawa juga umat muslim menganggap bahwa meninggal saat malam Jumat Kliwon dianggap baik. Mereka meyakini bahwa orang yang meninggal di malam Jumat adalah salah satu tanda dari khusnul khotimah. Tapi ini cuma mitos ya guys, kita nggak tahu kebenarannya.

Itu dia sederet mitos yang konon terjadi saat malam Jumat Kliwon tiba guys. Semoga bermanfaat.

Komentar

Loading...