Mitos Lagu Lingsir Wengi

beritajowo.com // Semarang - Di salah satu film misteri yang pernah tayang di bioskop indonesia, kita bisa mendengar adanya lagu jawa yang berjudul Lingsir Wengi. Lagu atau dalam bahasa jawa disebut juga gending ini seringkali dijadikan soundtrack atau back song dalam film-film bertema horor atau misteri. Mengapa demikian?

Sebagian masyarakat di Indonesia percaya bahwa lagu atau gending tersebut dapat mengundang hadirnya sosok hantu perempuan berambut panjang dan berjubah putih yang dikenal dengan sebutan kuntilanak. Sosok hantu tersebut akan datang bila lagu ini dikumandangkan menjelang sore hari di tempat-tempat yang angker. Benar atau tidak? Mitos atau fakta? Sebagian besar orang percaya, namun ada juga yang masih bertanya-tanya tentang hal tersebut. Sebenarnya apa yang membuat kuntilanak begitu terkesan dan merasa terundang jika ada orang yang menyanyikan lagu lingsir wengi?

Gending Lingsir Wengi menurut legenda adalah ciptaan dari Sunan Kali Jaga, salah satu anggota wali Songo. Lagu dengan ritme yang santai dan terkesan mendayu-dayu ini, sebenarnya pada liriknya terdapat makna sebuah doa yang ditujukan kepada Tuhan demi keselamatan diri dari segala penyakit, musibah dan bahaya. Kanjeng Sunan Kalijaga menciptakan lagu ini secara sengaja dengan tujuan untuk menolak bala, untuk mencegah gangguan makhluk-makhluk ghaib pada saat malam hari tiba dan dinyanyikan setelah sholat tahajud. Secara turun temurun lagu ini dilestarikan dan tetap dinyanyikan hingga sekarang.

Seiring perkembangan zaman, lagu ini justru dinyanyikan sebagai lagu pengantar tidur oleh para ibu. Selain karena liriknya yang dianggap sebagai doa, ritme dan tempo lagu Lingsir Wengi ini memang cocok sekali untuk menidurkan anak. Gending Lingsir Wengi memang terbukti mendatangkan rasa kantuk pada mereka yang mendengarkannya, terutama anak-anak yang seketika itu juga mampu terhipnotis.

Saat zaman semakin berkembang, semenjak lagu ini dijadikan soundtrack film-film misteri khususnya film yang bertajuk kuntilanak maka orang beranggapan bahwa lagu ini memiliki kekuatan magis untuk mengundang hadirnya sosok hantu perempuan tersebut. Padahal penafsiran tersebut tidaklah benar.

Kalau ditilik dari lirik lagu tersebut, memang tidak terdapat suatu bentuk undangan ataupun panggilan kepada hantu kuntulanak untuk hadir. Berbeda lagi dengan lirik dalam lagu jelangkung.

Nah, itulah fakta Gending Lingsir Wengi yang kabarnya ada hubungannya dengan kuntilanak, padahal sama sekali tidak. Jadi kita tak perlu khawatir dan tidak perlu meyakininya, karena semua itu adalah mitos yang menyesatkan

Komentar

Loading...