Ragam Ilmu Islam Kejawen

beritajowo.com // Semarang - Istilah islam kejawen sebenarnya adalah perpaduan dari ajaran Islam dengan budaya Jawa. Dimanapun tempatnya, sebenarnya ajaran agama Islam adalah mutlak sama, namun tetap bisa menyatu dengan budaya / kebiasaan di suatu daerah untuk lebih mendalaminya.

Beberapa orang mengatakan bahwa aliran Islam Jawa ini dikatakan ‘haram’ karena bersifat musyrik (menyembah selain Tuhan / menyekutukan Tuhan). Hal itu bisa dianggap keliru, karena sebenarnya lmu Kejawen itu memadukan antara ajaran Islam yang disesuaikan dengan Tirakat Jawa, jadi bukan melakukan pemujaan pada selain Allah.

Bahkan ajaran ilmu kejawen sudah lama diajarkan oleh Para Waliyullah, diantaranya Sunan Kalijaga, Sunan Muria, Sunan Kudus dan masih banyak lagi Sunan - Sunan lainnya.

Adapun jenis Ilmu Kejawen sangatlah banyak, namun secara umum aliran Islam Kejawen hanya dibagi dalam beberapa jenis keilmuwan saja.

Jenis-Jenis Ilmu Islam Kejawen diantaranya adalah sebagai berikut :

* Ilmu Kanuragan

Ilmu Kanuragan biasa digunakan untuk perlindungan diri atau ilmu kebal. Ilmu ini mengandung daya supranatural perlindungan diri, diantaranya adalah Ilmu Tenaga Dalam, pencak Silat Ghaib, Ilmu Kebal, dan Ilmu-Imu Asmak. Di masa sekarang ini, lmu Kanuragan sangat penting dimiliki, mengingat angka kriminalitas yang semakin tinggi, banyaknya perampokan, penodongan dan kekerasan. Ajaran ini berkembang sejak dulu karena jaman dahulu perang adalah makanan sehari-hari bangsa Indonesia untuk melawan penjajah sehingga hal ini sangat penting.

*Ilmu Pengasihan

Ilmu pengasihan dalam ajaran Islam Kejawen biasa disebut dengan Ilmu Kewibawaan, dimana ilmu ini penting untuk memancarkan aura seseorang. Ilmu Kejawen yang satu ini bisa digunakan untuk menaklukkan sukma, hati atau jiwa seseorang sehingga menjadi tunduk dan takluk. Bisa digunakan untuk menambah daya kepemimpinan, daya tarik / daya pikat dan bisa membuat seseorang jadi tunduk padanya. Apa yang diucapkan langsung didengar dan dilakukan. Biasanya ilmu pengasihan digunakan untuk menaklukkan seorang wanita / pria yang disayangi, menaklukkan bos/atasan, menaklukkan mertua, menaklukkan anak buah dan bisa jadi menaklukkan seseorang yang baru saja anda kenal.

*Ilmu Khodam

Ilmu Khodam termasuk dalam aliran Islam Kejawen, yang mana ilmu ini menganut konsep ‘Sedulur Papat Limo Pancer’. Hal ini pernah disampaikan oleh Syech Siti Jenar. Seseorang bisa disebut menguasai ilmu khodam, bila orang tersebut mampu berkomunikasi secara aktif dengan khodam yang dimiliki. Khodam adalah makhluk pendamping yang selalu mengikuti tuannya dan bersedia melakukan perintah-perintah tuannya. Khodam sesungguhnya berbeda dengan Jin / Setan, meskipun sama-sama berbadan ghaib. Khodam tidak bernafsu dan tidak berjenis kelamin. Khodam ini bisa membantu mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan manusia.

*Ilmu Trawangan

Ilmu yang satu ini sering disebut juga dengan istilah NgrogoSukmo. Anda bisa tahu dunia luar, bahkan sampai alam ghaib hanya dengan ilmu ini. Raga anda bisa jadi diam di tempat, namun ruh / jiwa anda bisa menembus ke alam lain. Bahkan dengan ilmu ini anda bisa berkomunikasi dengan jin/makhluk ghaib lainnya. Biasanya, para pakar Ilmu Spiritual dan Supranatural menggunakan ilmu ini untuk meminta petunjuk, untuk meminta wangsit, meramal masa depan, melakukan penarikan benda ghaib dan lain sebagainya. Baik Ilmu Trawangan maupun Ngrogosukmo adalah ilmu yang tergolong sulit dipelajari karena membutuhkan keteguhan dan kebersihan hati. Biasanya hanya dikuasi oleh orang yang sudah tua dan sudah tenang jiwanya.

*Ilmu Atraksi

Ilmu Atraksi pun masuk dalam ajaran Islam Kejawen. Dimana ilmu ini tidak biasa digunakan pakar Supranatural karena hanya bersifat hiburan saja, bahkan beberapa pakar supranatural melarang menggunakan ilmu atraksi karena dinilai hanya pamer kekuatan saja. Pamer kekuatan tidak dibenarkan dalam ajaran Islam Kejawen yang sebenarnya.

*Ilmu Kesehatan

Ilmu kesehatan juga diajarkan dalam aliran Ilmu Kejawen. Dimana kesehatan meliputi jasmani dan rohani, atau istilahnya fisik dan non fisik. Ilmu yang termasuk dalam kelompok ini adalah ilmu gurah (membersihkan saluran pernafasan), Ilmu-ilmu pengobatan, ilmu kuat seks, dan ilmu supranatural lain yang berhubungan dengan fungsi biologis tubuh manusia.

Komentar

Loading...