Dari 1211 Bilah Hanya 133 Keris yang Diakui Benda Cagar Budaya

  • Regional
  • 22 Mar 2018 | 19:30 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 246 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo.com / solo -?Sejumlah 1211 bilah Keris dan tosan aji lain akan segera diidentifikasi oleh kurator keris Boworoso Tosan Aji Surakarta (Brotosuro).?

Dari jumlah tersebut, diperkirakan hanya sekitar 133 pucuk senjata tradisional itu yang masuk sebagai Benda Cagar Budaya (BCB).

?Mungkin hanya sekitar 133 yang termasuk dalam BCB. Sedangkan yang lain mungkin tangguh baru,? ungkap salah satu kurator, Ronggojati Wiyatno, Kamis (22/3).

Dikatakan, proses identifikasi ini memerlukan waktu yang cukup lama, yakni sekitar satu bulan. Usai diidentifikasi, keris dan tosan aji lain itu bakal dijamas sesuai dengan instruksi dari Walikota Solo.

?Mungkin sebulan sudah selesai. Setelah itu seperti permintaa pak Wali, untuk dijamas,? kata dia.

Kendati begitu, pihak kurator masih menunggu surat ijin dan perintah dari Dinas Kebudayaan setempat.

?Kan ada prosedurnya, kita tunggu dulu (surat ijin / perintah) kalau sudah ada segera kita identifikasi,? tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Solo, Kinkin Sultanul Haqim dalam kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya segera mengeluarkan perintah untuk pelaksanaan identifikasi. Hal ini dilakukan supaya keris bisa segera dibersihkan dan dirawat.

?Jamasan ini kan salah satu bentuk perawatan. Jadi kalau semakin lama tidak dirawat justru akan semakin rusak. Karenanya segera kita laksanakan proses identifikasi maupun proses pembersihan ini,? kata dia.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU