Kejurnas Renang Kapolda Jateng Diikuti 471 Atlet

  • Regional
  • 22 Mar 2018 | 17:59 WIB
  • Oleh ANT
  • Dilihat 170 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo.com / solo - Sebanyak 471 atlet ikut memeriahkan kejuaraan nasional renang kelompok umur taruna yang merebutkan Piala Kapolda Jawa Tengah 2 di arena Kolam renang Tirtomoyo Manahan Solo, Kamis.

Pada Kejurnas renang kelompok umur taruna diikuti dari 54 perkumpulan renang berbagai daerah di Indonesia yang akan berlangsung empat hari mulai tanggal 22 hingga 25 Maret tersebut dibuka oleh Wakil Kepala Polda Jateng Kombes Pol Ahmad Lutfi, Kamis, mewakili Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono yang berhalangan hadir.

Waka Polda Jateng Kombes Pol Ahmad Lutfi mengapresiasi kejuaraan nasional renang kelompok umur taruna yang pesertanya tahun ini meningkat dibanding gelaran Piala Kapolda Jateng I kurang dari 400 peserta baik putra maupun putri itu.

Menurut Ahmad Lutfi, Kapolda memerintahkan kejuaraan renang sudah menjadi agenda rutin nasional digelar yang kedua kalinya dilaksanakan kelompok taruna dengan tujuan pertama untuk memberikan kenyamanan situasi politik menjelang Pilkada dan Pilpres yang diperkirakan suhunya akan memanas.

Oleh karena itu, kata Ahmad Lutfi perlu kegiatan masyarakat yang sifatnya "colling down Sistem" atau penyegaran atau menenangkan diri.

Hal ini dengan diselingi hiburan dengan olahraga, sehingga masyarkat tidak hanya disajikan hal-hal yang sifatnya menegangkan.

Selain itu, Ahmad Lutfi juga berharap dengan peserta sebanyak 471 atlet kelompok taruna yang mengikuti lomba tersebut mampu menelorkan bibit-bibit baru potensial, sehingga akan menjadikan event renang muncul di tingkat nasional maupun internasional.

Ahmad Lutfi mengatakan dalam kejuaraan tersebut juga dipantau oleh KONI Jateng untuk mendapatkan hasil atlet potensial yang perlu dibina regenerasi perenang yang lebih senior.

"Saya yakin KONI dan pejabat atau pengurus persatuan renang mengetahui hasil atlet yang potensial untuk dikembangkan menjadi profesional," kata Ahmad Lutfi.

Polda Jateng sifatnya hanya mewadahi pretasi khusunya cabang olahraga renang, dan masalah manajemen pengembangnya ada di KONI untuk menjadikan seorang perenang nasional maupun internasional.

"Kami berharap atlet renang kelompok taruna yang dimulai dari Solo ini, mampu berkembang menjadi perenang potensial untuk bangsa dan negara," kata Ahmad Lutfi yamng didampingi Ketua KONI Jateng Brigjen Purnawirawan Subroto.

Ketua Pengkot Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Surakarta, Devi Rahyuanto, mengatakan pada kejuaraan renang terbuka Piala Kapolda Jateng 2 tersebut melombakan kelumpok umur (KU-2) atau 15-16 tahun, KU-3 (12-23 tahun), KU-4 (10-11 tahun), dan KU-5 (9 tahun ke bawah).

Menurut Devi kejuaraan renang mempertandingkan nomor gaya bebas, punggung, dada, kupu-kupu, dan empat estafet, baik putra maupun putri, dengan merebutkan 98 medali emas.

Peserta tahun ini, sebanyak 471 atlet putra putri dari 54 perkumpulan renang di Jateng dan provinsi lainnya.

img
BeJo@17
EDITOR