2 Pulau di Kepulauan Seribu Bakal Jadi Digital Island

  • Nasional
  • 21 Mar 2018 | 22:59 WIB
  • Oleh bejo22
  • Dilihat 186 kali
image
foto(istimewa)

beritajowo.com/ jakarta - Dua pulau di Kepulauan Seribu bakal menjelma menjadi digital island. Nantinya, di dua pulau itu sistem transaksi dan aktivitas dilakukan secara digital. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Meskipun nanti akan fokus 1-2 pulau dulu. Jadi, lengkap datanya, penduduk laki-laki dan perempuan, PKL, dan sebagainya," kata Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah di Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara, Rabu (21/3/2018).

Irmansyah menambahkan, pihaknya belum bisa menyebutkan secara detail pulau mana saja yang akan berubah menjadi digital. Sebab, masih dilakukan pengkajian oleh jajarannya. Tapi, hampir dipastikan Pulau Tidung akan menjadi sasaran dari digital island tersebut.

Salah satu alasan, pihaknya memilih Pulau Tidung karena pulau itu merupakan kawasan yang ramai dikunjungi wisatawan dibandingkan pulau lainnya. Ia berharap, dengan menjadi digital island, kunjungan wisatawan di Pulau Tidung bakal meningkat.

"Karena banyak wisatawan datang. Akhir tahun lalu tanggal 28 dan 30 Pulau Tidung sampai 35 ribu yang datang jadi banyak sekali. Wisatawan asing, berdasarkan catatan imigrasi untuk bulan Januari dan Februari sudah 3.301 orang yang datang ke Kepulauan Seribu. Potensinya luar biasa," imbuhnya.

Menurutnya, penciptaan digital island untuk memberikan pelayanan fasilitas internet secara memadai. Sehingga, tak ada lagi ketimpangan digital yang terjadi di kawasan tersebut.

Pihaknya pun mendorong operator provider untuk mendirikan tower di wilayah tersebut. Sehingga, ke depannya tak ada lagi yang merasa kesusahan sinyal ketika mengunjungi Kepulauan Seribu.

"Kalau wisatawan datang kan cari mana nih (akses internet). Apalagi kalau mungkin beberapa provider tidak ada di sana. Kalau di Pulau Sabila kan cuma ada provider tertentu, yang lain enggak ada. Kita dorong provider supaya mereka mau buat menara atau apapun juga yang bisa dirasakan bersama," pungkasnya.

img
BeJo@22
EDITOR