Absen Sebelumnya, DirPro PT.Citilink Kembali dipanggil KPK

  • Nasional
  • 21 Mar 2018 | 15:46 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 193 kali
image
foto.(istimewa)

beritajowo.com // Jakarta - Penyidik KPK kembali memanggil Capt. Agus Wahjudo berkaitan dengan kasus suap pengadaan mesin dan pesawat PT Garuda Indonesia dengan tersangka Emirsyah Satar.

Agus, yang merupakan pensiunan pegawai PT Garuda Indonesia, akan dimintai keterangan sebagai saksi.

Selain Agus, Direktur Produksi PT Citilink Indonesia Hadinoto Soedigno turut dipanggil.

Hadinoto sebelumnya pernah menjabat Direktur Teknik di PT Garuda Indonesia periode 2007-2012. Kedua orang itu telah beberapa kali dipanggil KPK sebagai saksi.

"Capt. Agus Wahjudo dan Hadinoto Soedigno akan diperiksa sebagai saksi atas tersangka ESA (Emirsyah Satar)," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (21/3/2018).

Pemanggilan ini merupakan penjadwalan ulang karena Achirina tidak hadir kemarin (20/3).

Selain saksi untuk Emirsyah, KPK memanggil saksi untuk tersangka Direktur Utama Mugi Rekso Abadi (MRA) Soetikno Soedarjo.

Saksi yang dipanggil adalah Direktur Produksi PT Garuda Indonesia Puji Nur Handayani. Dia juga terpantau sudah hadir pagi ini.

Dalam penanganan kasus ini, Febri menyebut pihak Garuda Indonesia sangat kooperatif membantu kerja KPK. Dukungan itu diberikan dalam bentuk informasi, berkas pengadaan saat terjadinya kasus ini, hingga kehadiran saksi-saksi. Menurut Febri, perlu dipisahkan antara tindakan tersangka dan korporasinya.

Diketahui,Emirsyah Satar ditetapkan sebagai tersangka karena menerima suap terkait pengadaan mesin pesawat Rolls-Royce dan pesawat Airbus SAS untuk PT Garuda Indonesia.

Emirsyah diduga menerima suap lewat Soetikno Soedarjo, yang merupakan beneficial owner Connaught International Pte Ltd.

Suap itu diberikan Soetikno dalam bentuk uang sejumlah 1,2 juta euro dan USD 180 ribu. Selain uang, Emirsyah diduga menerima suap dalam bentuk barang yang tersebar di Indonesia dan Singapura senilai USD 2 juta.

img
BeJo@25
EDITOR

KABAR TERBARU