Arkeolog Temukan Ruang Rahasia Dalam Piramid Agung Mesir

  • Internasional
  • 04 Nov 2017 | 09:17 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 149 kali
image
foto. (istimewa)

Beritajowo.com - Para ilmuwan dan arkeolog berhasil mendeteksi sebuah struktur tersembunyi berukuran besar dan tertutup di dalam Piramid Agung Giza,dengan banyak rahasia yang hampir tak tersentuh selama 4.500 tahundi pinggiran Kairo, Mesir. Ruang kosong itu dilaporkan berukuran sebesar pesawat penumpang.

Dideskripsikan dalam laporan yang dipublikasikan pada jurnal Nature, Kamis (2/11/2017), sebelumnya para peneliti telah menemukan tiga ruangan di piramida Giza, yakni galeri agung, kamar raja, dan juga kamar ratu.

Namun, ketika memetakan ketiga ruangan tersebut, tim arkeolog mendeteksi adanya kekosongan besar di atas galeri agung yang menghubungkan kamar raja dan ratu,yang panjangnya minimal 30 meter.

"Ada banyak teori tentang keberadaan ruang rahasia di dalam piramida. Tapi tidak ada seorang pun yang mengira akan sebesar ini," kata Mehdi Tayoubi, salah seorang peneliti yang terlibat dikutip dari AFP, Kamis (2/11/2017).

Temuan ini didapat para ilmuwan dan arkeolog dipimpin oleh Kunihiro Morishima dari Nagoya University dengan menggunakan metode pencitraan berbasis sinar kosmik. Metode bernama 'cosmic-ray muon radiography' ini mampu memberikan visualisasi dari ruang-ruang yang diketahui dan tak diketahui di dalam piramid tanpa menyentuh secara langsung batu piramid tersebut.

Teknikini digunakan untuk dapat mengeksplorasi piramida agung tanpa memindahkan satu batu pun. Pasalnya, muon dapat menembus jauh ke dalam batu dan terserap pada tingkat berbeda tergantung pada kepadatan batu. Jika dikonfirmasi, ruangan ini akan menjadi temuan baru dari piramida agung setelah lebih dari satu abad.

"Sungguh besar. Ukurannya sebesar pesawat dengan 200 kursi penumpang, di tengah-tengah piramid," ujar salah satu peneliti, Mehdi Tayoubi.

Piramid terletak di kompleks Giza itu diketahui dibangun di bawah kepemimpinan Firaun Khufu atau Cheops.Bersama dua piramid lain yang lebih kecil untuk Raja Menkaure dan Khafre, juga Patung Aung Sphinx.?

PiramidKhufu merupakan piramid tertua dan satu-satunya bangunan yang masih berdiri tegak di antara 'Tujuh Keajaiban Dunia Kuno'.

img
BeJo@25
EDITOR

KABAR TERBARU