Pekan Depan, Bulog Kedu Serap Gabah Petani

  • Regional
  • 22 Feb 2018 | 21:42 WIB
  • Oleh ANT
  • Dilihat 166 kali
image
Foto: Istimewa

beritajowo.com / kedu - Pekan depan Perum Bulog Subdivre Wilayah V Kedu, Jawa Tengah, berencana melakukan penyerapan gabah atau beras petani.

"Kemungkinan Senin (26/2) sudah ada penyerapan dalam jumlah terbatas dari daerah Purworejo atau Kebumen," kata Wakil Kepala Bulog Kedu Abdullah di Magelang, Kamis (22/2/2018).

Menurut dia, dari sejumlah kabupaten di wilayah Subdivre Kedu, yang sudah ada panen, antara lain di Kabupaten Purworejo dan Kebumen.

Ia menyebutkan, harga gabah maupun beras di pasaran sudah mulai turun, meskipun harga tersebut masih di atas harga pembelian pemerintah (HPP), maka Bulog akan melakukan pembelian dengan harga fleksibilitas atau sesuai acuan Bulog.

Sesuai HPP, katanya gabah kering panen Rp3.700 per kilogram dan gabah kering giling Rp4.600 per kilogram.

Kemudian harga fleksibilitas dari Bulog, untuk gabah kering panen Rp4.400 per kilogram dan gabah kering giling Rp5.400 per kilogram, untuk harga beras medium Rp8.250 per kilogram dan beras premium Rp8.800 per kilogram.

Menurut dia, penyerapan di masa awal panen belum bisa maksimal, kami targetkan pada bulan Maret nanti bisa lebih banyak karena memasuki panen raya.

"Sudah banyak mitra yang mengajukan kontrak dan kami memang minta mereka segera melakukan kontrak karena sesuai perintah segera melakukan penyerapan," katanya.

Tahun ini, kata dia, Bulog Kedu ditargetkan dapat menyerap beras sebanyak 59 ribu ton.

img
BeJo@21
EDITOR

KABAR TERBARU