Mengenal Makna Pendidikan Vokasi

  • Info Publik
  • 22 Feb 2018 | 14:23 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 259 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / jakarta - Pendidikan vokasi adalah pendidikan diploma yang memiliki fokus untuk ?memberikan ketrampilan dan keahlian sehingga para peserta pendidikan ini mampu menjadi tenaga professional yang ahli di bidangnya.

Para lulusan ?pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar Diploma 1 (D1), Diploma 2 (D2), Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4). Pendidikan vokasi ini penting karena dapat mejembatani antara para lulusan SMK dengan Industri.

Selain itu karena ilmu yang diberikan bersifat aplikatif, maka para lulusan pendidikan vokasi dirancang untuk siap bekerja.

Agar pendidikan vokasi ini dapat berjalan dengan baik maka penyelenggaraannya perlu dudukung oleh berbagai pihak, baik pihak swasta ataupun pihak pemerintah.

Salah satu bentuk dukungan pemerintah adalah dengan dikeluarkannya instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016, tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, lalu ada juga pembuatan MoU antara lima kementrian untuk mendukung program /link and match/ pendidikan dengan industri.

Pihak swasta dapat mendukung pendidikan ini dengan dengan cara menyediakan pusat pendidikan vokasi seperti Politeknik, BLK dan LPK.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU