Pemilih Pemula Diminta Tidak Golput

  • Pilkada Serentak 2018
  • Regional
  • 22 Feb 2018 | 04:57 WIB
  • Oleh ANT
  • Dilihat 177 kali
image
Foto: Istimewa

beritajowo.com / pekalongan - Pemilih pemula di Pekalongan diminta untuk tidak golput pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur 2018 maupun Pemilihan Presiden 2019.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Kota Pekalongan, Divisi Perencanaan dan Data, Priyadi Trahutomo di Pekalongan, Rabu (21/2/2019). Ia mengatakan, sebagai upaya mengurangi angka golput pada pemilih pemula, KPU melakukan sosialisasi di sekolah.

"Para pemilih pemula yang sebagian besar masih berstatus pelajar akan kami ingatkan jika setiap satu suara bisa menentukan arah perkembangan sebuah daerah atau negara melalui pemilihan umum (pemilu)," katanya.

Menurut dia, pengalaman para pemilih pemula dalam pelaksanaan pemilu bisa menjadi proses pembelajaran tentang berdemokrasi pada masa mendatang.?"Kita akan terus mensosialisasikan tentang pentingnya pemilu bagi para pelajar di sekolah," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Priyadi mengatakan KPU akan mengumumkan daftar pemilih sementara (DPS) Pilgub Jateng pada Maret 2018.?"Saat ini, kini tengah melewati proses pemutakhiran kemudian disusul rekapitulasi pada tingkat kelurahan pada 5 Maret hingga 7 Maret 2018 dan di tingkat kecamatan pada 8-9 Maret 2018," katanya.

Data yang kini tengah dimutakhirkan, lanjut dia, merupakan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang jumlahnya mencapai sekitar 228.612 orang.?"Oleh karena itu, kami berharap warga yang belum terdata sebagai pemilih bisa menyampaikan ke pihak kelurahan atau KPU agar segera dapat didata," katanya.

img
BeJo@21
EDITOR

KABAR TERBARU