Menhan Jepang Tak Terima Jet Tempur AS Jatuhkan Tangki Bensin di Danau Ogawara

  • Internasional
  • 21 Feb 2018 | 14:14 WIB
  • Oleh RPK
  • Dilihat 167 kali
image
Foto:istimewa

beritajowo.com / tokyo -?Menteri Pertahanan Jepang,?Itsunori Onodera, meminta penjelasan setelah salah satu jet tempur Amerika Serikat menjatuhkan dua tangki bensin saat terbang di atas Danau Ogawara pada Selasa (20/2).

"Kami meminta pihak AS menjelaskan apa yang terjadi dan apa penyebabnya. Kami juga sepenuhnya menuntut AS melakukan tindakan pencegahan," ujar Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera, sebagaimana dikutip?The Straits Times.

Insiden ini bermula saat F16 lepas landas dari pangkalan udara Misawa di utara Aomori pada Selasa pagi. Tak lama setelah mengudara, jet tersebut mengalami kebakaran mesin.

"Militer AS mengatakan kepada kami mereka membuang dua tangki eksterior di Danau Ogawara di utara pangkalan udara Misawa. Pesawat itu kembali mendarat di pangkalan tersebut," katanya.

Melalui pernyataan, militer AS sudah mengonfirmasi bahwa salah satu jet F16-nya "terpaksa membuang dua tangki bahan bakar eksternal ke daerah yang tidak berpenghuni" setelah mengalami kebakaran mesin.

"Keamanan awak pesawat dan warga lokal adalah prioritas nomor satu kami saat terbang. Kami akan melakukan penyelidikan menyeluruh untuk menentukan akar masalah dan penyebab terjadinya insiden," ujar Komandan 35th Fighting Wing, Kolonel R Scott Jobe, dilansir?The Straits Times.

Sejumlah insiden yang melibatkan pesawat militer AS di Jepang juga pernah terjadi sebelumnya. Bulan lalu, helikopter militer AS setidaknya melakukan tiga pendaratan darurat di wilayah selatan Okinawa.

img
BeJo@17
EDITOR