Apmiso Dorong Pedagang Bakso Gunakan Daging Kerbau

  • Regional
  • 21 Feb 2018 | 06:03 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 159 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / semarang - Kebutuhan daging sapi untuk pembuatan bakso di Jawa Tengah mencapai 10 ton per bulannya. Hampir keseluruhannya daging segar. Melihat tingginya kebutuhan daging sapi, maka pedagang bakso di Jawa Tengah didorong menggunakan daging sapi beku impor atau daging kerbau impor asal India.

Ketua Asosiasi Pedagan Mie dan bakso (Apmiso) Lasiman mengatakan daging beku dan daging kerbau memang belum familiar bagi pedagang bakso. Padahal, menurutnya, keduanya memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging sapi. Bahkan jika mengguakan daging kerbau, secara bisnis, pedagang memperoleh keuntungan lebih. Lantaran harga daging kerbau yang memiliki kelas kualitas sama dengan daging sapi lebh murah Rp 10 ribu.

?Penggunaan daging sapi beku dan kerbau ini mendukung program pemerintah saat ini,?? kata Lasiman saat memberikan pelatihan kewirausahaan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Semarang, Selasa (20/2).

Acara yang diselenggarakan antara Apmiso dan Dinas Pertanian Kota Semarang itu juga menghadirkan nara sumber Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Semarang Yohanes Muji Mulyo dan Dosen Kewirausahaan STIE AECO Semarang, Suminah SE MM. Peserta pelatihan diikuti masyarakat umum.

Namun Lasiman mengingatkan, jangan membuat bakso dengan daging kerbau lokal. Lantaran teksturnya keras dan rasanya berbeda. Kerbau lokal yang biasa digunakan untuk membajak memiliki serat yang lebih kentara.

Dalam acara itu, selain materi teori, peserta juga diajak mengolah daging sapi beku dan daging kerbau menjadi bakso. Usai acara, Apmiso menawarkan kerjasama usaha sehingga masing-masing peserta bisa memiliki usaha bakso sendiri.

?Apmiso siap mendukung bahan dan peralatannya. Kalau mereka menyediakan tempatnya. Jadi usaha bersama,? ujar Lasiman.

Sementara Yohanes Muji Mulyo memberikan materi tentang kewirausahaan dan materi persaingan bisnis disampaikan oleh Suminah. Menurut Suminah, potensi usaha bakso sangat besar. Jenis makanan ini sudah merakyat dan dikonsumsi semua level masyarakat.

Namun harus ada kekhasan dari makanan bakso yang disajikan jika ingin memenangkan pertarungan bisnis. ?Kalau rasa sudah pasti harus sesuai lidah konsumen. Tapi selain itu harus unik dan menarik,? ujarnya.

img
BeJo@17
EDITOR