UNESCO Serahkan Sertifikat Warisan Budaya Pinisi kepada Indonesia

  • Nasional
  • 14 Feb 2018 | 00:03 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 66 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo.com //Jakarta - Badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan, UNESCO memberikan sertifikat seni pembuatan perahu Sulawesi Selatan, Pinisi, kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Perahu Pinisi ditetapkan masuk dalam Daftar Budaya Tak Benda Dunia pada 7 Desember 2017.

"Ditetapkannya Pinisi sebagai ‘Warisan Budaya Tak Benda Dunia’ adalah kebanggaan besar bagi rakyat Indonesia," kata Menlu Retno dirilis Kemlu RI di Jakarta, Selasa 13 Februari 2018.

Sertifikat itu diterima Menlu Retno dari Delegasi Tetap RI untuk UNESCO sekaligus Dubes RI untuk Paris, Hotmangaradja Pandjaitan di Gedung Kemlu.

Namun, Menlu Retno mengingatkan bahwa sertifikat UNESCO ini tak lantas membuat Indonesia sekadar jemawa. Kekayaan itu harus membuat makin meningkatnya upaya pelestarian kekayaan budaya nasional bangsa.

Indonesia telah memiliki sembilan kekayaan budaya yang masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda Dunia oleh UNESCO. Warisan yang lebih awal diakui adalah keris, pertunjukan wayang, batik, pelatihan membatik, angklung, tari Saman, noken Papua, dan tari Bali.

img
BeJo@23
EDITOR

}