CIA Rilis 13 Juta Dokumen

  • Internasional
  • 02 Nov 2017 | 12:38 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 84 kali
image
foto. (istimewa)

Beritajowo.com Central Intelligence Agency atau CIA kembali merilis data-data yang mereka simpan. Sekitar 13 juta halaman dokumen rahasia dirilis oleh Badan Intelijen Pusat (CIA) milik Amerika Serikat (AS).Langkah CIA ini menyusul tuntutan dari kelompok pendukung kebebasan informasi. Dokumen yang dirilis CIA kali ini terdiri dari hampir 800.000 file.Dokumen-dokumen CIA sebelumnya? yang hanya dapat diakses di Arsip Nasional di Maryland.Isu penampakan UFO yang memicu teori konspirasi, surat-surat dari dari Henry Kissinger, Menteri Luar Negeri AS era Presiden Richard Nixon dan Gerald Ford,ditampilkan dalam kumpulan dokumen ini.

Dari jutaan data yang dirilis beberapa diantaranya jurnal pribadi Osama.Dilansir CNN dan Reuters, Kamis (2/11/2017), Direktur CIA Mike Pompeo menyebut perilisan ini akan membantu rakyat AS untuk mendapatkan gambaran soal rencana dan cara kerja Al-Qaeda.

"Perilisan hari ini dari surat-surat, video, dokumen audio dan material Al-Qaeda lainnya memberikan kesempatan pada rakyat Amerika untuk mendapatkan pandangan soal rencana dan cara kerja organisasi teroris ini. CIA akan terus mencari kesempatan untuk membagi informasi dengan rakyat Amerika, sejalan dengan kewajiban kami melindungi keamanan nasional," ucap Pompeo.

Sesuai dengan appropriations bill tahun 2014 soal aktivitas intelijen yang membutuhkan Direktur Intelijen Nasional AS (DNI) untuk mengkaji dokumen yang didapat dari penggerebekan terhadap persembunyian Osama bin Laden saat itu. Rancangan undang-undang itu mengatur agar setiap dokumen yang didapat dari penggerebekan dinyatakan 'tidak rahasia' agar bisa dirilis dan diakses publik secara bebas. ?

Dokumen-dokumen yang dirilis pada Rabu (1/11) waktu setempat,menjadi 'edisi' terbaru dari koleksi publik yang diberi judul 'bin Laden's bookshelf' oleh DNI. Koleksi itu termasuk tiga paket dokumen yang dirilis terlebih dahulu, sejak Mei 2015.

Dari jutaan data yang dirilis hampir 470.000 dokumen tambahan berisi wawasan tentang usaha kelompok teroris yang bertanggung jawab atas peristiwa 9/11, dan merinci bentrokannya dengan kelompok Negara Islam, sebuah perputaran operasi Al-Qaidah di Irak. Mereka juga menjelaskan kesulitan yang dihadapi Al-Qaidah pada saat kematian bin Ladin.Ada pula jurnal pribadi bin Ladin setebal 228 halaman, sekitar 79.000 gambar dan dokumen suara, termasuk gulungan pidato publik. CIA juga merilis video rumahan dan lebih dari 10.000 dokumen video, termasuk salah satu pernikahan Hamza bin Ladin.

Dalam video itu menunjukkan Hamza bin Ladin di pesta pernikahannya. Dia duduk di atas karpet dengan pria lain. Seorang pria yang melantunkan ayat-ayat Al Quran bisa didengar di latar belakang. Dengan mengenakan hiasan putih tradisional, secara lisan dia menerima pernikahannya dengan mempelai wanita.

Dalam video ada juga informasi tentang bagaimana Al-Qaidah merencanakan untuk menandai ulang tahun ke 10 serangan 11 September 2001, dan kerja jaringan untuk menyebarkan pesannya melalui media Barat.

Namun CIA belum membocorkan semua dokumen yang mereka miliki. Alasannya, dokumen tersebut sangat sensitif terhadap keamanan nasional, dilindungi hak cipta, pornograf, malware, file kosong, rusak dan duplikat.

img
BeJo@25
EDITOR

KABAR TERBARU