Korsel Batasi Tindakan Militer AS di Semenanjung Korea

  • Internasional
  • 16 Nov 2017 | 14:34 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 102 kali
image
foto. (istimewa)

Beritajowo.com - Korea Selatan (Korsel) mengingatkan kepada AS untuk tidak mengambil tindakan militer terhadap Korea Utara (Korut) tanpa persetujuan mereka.

Choo Mi-ae,politisi sekaligus ketua Partai Demokrat Liberal mengatakan,Trump, dalam situasi apapun, harus selalu meminta persetujuan dari Korsel sebelum mengambil tindakan militer kepada Korea Utara.

Choo ingin memastikan bahwa perang tidak ada dalam opsi yang selama ini sering Trump tekankan.

Choo mengungkapan bahwa Korsel hanya ingin penyelesaian damai atas konflik yang terjadi.

Choo menggarisbawahi adanya kekhawatiran bahwa setiap serangan AS terhadap program nuklir dan rudal Korut dapat memicu terjadinya pembalasan pada Korsel.

Choo juga menyampaikan,Presiden Moon Jae In telah menginstruksikan untuk selalu mengutamakan jalan dialog dengan Korut dan mendukung penuh kebijakan AS untuk memberikan sanksi penuh kepada Pyongyang.

Namun Korsel
juga tak ingin AS membatasi peluang negosiasi dengan Korea Utara karena hal tersebut dikhawatirkan justru memicu kesalahan perhitungan.

Choo menilai situasi saat ini sangat mendesak dan menganggap seakan waktu tidak berpihak pada Korsel.Choo juga menegaskan ini bukan hanya masalah ancaman terhadap AS. Ini ancaman kepada Jepang, dan yang paling penting terhadap Semenanjung Korea.

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU