Pertumbuhan Ekonomi Jepang Catat Rekor

  • Internasional
  • 15 Nov 2017 | 15:52 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 83 kali
image
foto. (istimewa)

Beritajowo.com - Ekonomi Jepang menunjukkan pertumbuhan positif sepanjang tujuh kuartal beruntun untuk menjadi yang terpanjang lebih dari satu dekade.Data resmi menunjukkan produk domestik bruto (PDB) Negeri Matahari Terbit -julukan Jepang terus tumbuh tanpa gangguan pada level tahunan sebesar 1,4 persen pada periode antara Juli dan September.Dalam tiga bulan terlihat solid,setelah lebih dari empat tahun stimulus ekonomi yang dipimpin oleh Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe.Penguatan ekspor dan tingginya permintaan global untuk beberapa produk Jepang telah membantu pertumbuhan, ditambah sektor ketenagakerjaan yang baik ikut mendorong konsumsi domestik di masa depan.

Senior Fellow dari Institut Penelitian Fujitsu Martin Schulz mengatakan, ekonomi Jepang mendapatkan dorongan terbesar dari permintaan ekspor yang sangat kuat atau tumbuh sebesar 6 persen ditambah seiring pulihnya ekonomi dunia membuat hampir semua sinkron serta perluasan dari AS melalui Asia ke Uni Eropa yang sangat membantu bagi eksportir Jepang.

Kebijakan ekonomi Abe sebagian besar turut besar andilnya untuk menjadikan pertumbuhan ekonomi Jepang menjadi yang terpanjang dalam 16 tahun.Seperti diketahui Abe memiliki ambisi menjadi ekonomi terbesar ketiga dunia atau yang dikenal dengan sebutan 'Abenomics'fokus mengatasi pertumbuhan stagnan selama hampir dua dekade dan kejatuhan harga konsumen.Abe berjanji untuk melanjutkan usahanya dalam mendorong ekonomi Jepang ke siklus kenaikan upah,pengeluaran dan inflasi dalam kemenangannya bulan lalu.

Meskipun program kebijakan Abenomics diragukan banyak ekonom,Kepala Eksekutif The Motley Fool Singapura David Kuo mengutarakan,angka-angka menunjukkan kemudahan bekerja di Jepang.Namu jepang tidak bisa keluar dari tekanan ketika inflasi masih lemas dan pengeluaran konsumen masih kekurangan tenaga. Konsumsi swasta jatuh secara tahunan 1,8 persen di kuartal,menunjukan kebijakan ekonomi Abe tidak memacu konsumsi konsumen.

Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh dibandingkan kuartal sebelumnya. Angka ini sesuai dengan perkiraan median dan mengikuti ekspansi ke kuartal 0,6 persen pada April hingga Juni.Catatan baik ini menunjukkan bahwa ekonomi Jepang tumbuh hingga kuartal ketujuh. Periode terpanjang ekspansi sejak kuartal delapan pada 1999 hingga 2001.

Permintaan ekspor dan pengurangan impor menjadi alasan terbesar untuk ekspansi, menambah 0,5 persen terhadap pertumbuhan.Pengiriman mobil dan komponen elektronik ke Amerika Serikat (AS) dan Asia pada kuartal ketiga mencerminkan membaiknya permintaan global.Sebagai perbandingan,ekspor negatif mengurangi revisi 0,2 persen dari pertumbuhan PDB pada April hingga Juni.

img
BeJo@25
EDITOR

KABAR TERBARU