Tingkat Kesadaran Pengguna Internet Indonesia Masih Rendah

  • Nasional
  • 25 Okt 2017 | 10:54 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 191 kali
image
Foto: istimewa

JAKARTA, beritajowo.com -Berdasarkan survei, tingkat kesadaran siber pengguna internet di ?Indonesia memang masih tergolong rendah. Pada kasus Wannacry, misalnya, masyarakat cenderung abai terhadap himbauan pemerintah untuk melakukan setting pada PC atau laptop bersistem operasi Windows.

?Dengan data tersebut dan ditambah BSSN yang belum berjalan tentu akan ?memperbesar peluang serangan siber. Ini juga akan menjadi pertimbangan ?negatif investor ke tanah air,? kata pakar keamanan siber, Pratama Persadha.

Kasus peretasan website Telkomsel dan tiket.com merupakan sebagian kecil contoh rendahnya tingkat keamanan siber di Indonesia. Seharusnya dari kedua kasus itu dapat dijadikan pelajaran sekaligus peringatan bahwa ancaman cybercrime di Indonesia sudah di depan mata.

?Kerugian tak ternilai bisa terjadi bila peretasan berhasil menarget dan melumpuhkan objek kritis sebuah negara, meliputi sistem layanan pemerintahan, layanan gawat darurat, cadangan minyak dan gas, keuangan dan perbankan, transportasi, telekomunikasi, energi listrik, dan sistem pengairan,? lanjut pria asal Cepu, Jawa Tengah ini..

Bukan hanya itu, menurut Pratama, ancaman keamanan siber yang sebelumnya hanya dirasakan oleh negara dan dunia usaha, kini dirasakan mulai meluas oleh individu di masyarakat, baik karena serangan siber maupun adanya celah keamanan pada sistem.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU