Harga Minyak Dunia Makin Menguat

image
Foto: istimewa

NEWYORK, beritajowo.com - Harga?Minyak dunia Pagi ini kembali menguat,?sekaligus mencatat kenaikan bulanan untuk Oktober lebih dari 5,0 persen.

Sentimen "bullish" yang mendorong minyak mentah Brent ke level tertinggi dalam lebih dari dua tahun, disebut para analis, dapat mendorong produsen AS mengekspor minyak lebih banyak.

Patokan global, minyak mentah Brent naik 47 sen atau 0,7 persen menjadi menetap di 61,37 dolar AS per barel, mendekati level tertinggi Juli 2015 yang dicapai awal pekan ini, dan naik sekitar 37 persen dari level terendah 2017 pada Juni.

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 23 sen atau 0,4 persen menjadi berakhir di 54,38 dolar AS per barel, masih mendekati level tertinggi sejak Februari dan mendekati level tertinggi dalam lebih dari dua tahun.

Investor, disebut para pedagang dan pialang, menyesuaikan posisi setelah kenaikan harga sekitar 5,0 persen pada Oktober.

Untuk Oktober, Brent naik 6,7 persen, sementara WTI naik 5,2 persen. Diskon WTI terhadap Brent telah melebar menjadi hampir tujuh dolar AS, membuatnya menarik bagi eksportir.

"Perbedaan besar telah membuka pintu arbitrase regional, mendorong lonjakan ekspor minyak mentah AS dalam beberapa pekan terakhir," kata BMI Research dalam sebuah catatan.

Ekspor minyak mentah AS melonjak mendekati dua juta barel per hari (bph) dan produksi C-OUT-T-EIA telah meningkat hampir 13 persen sejak pertengahan 2016 menjadi 9,5 juta barel per hari.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU