Menguak Penyebab Ledakan Pabrik Kembang Api Kosambi

  • Nasional
  • 01 Nov 2017 | 08:56 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 110 kali
image
foto. (istimewa)

KOSAMBI,?Beritajowo.com - Peristiwa ledakan Pabrik Mercon/petasan pada Kamis pagi minggu lalu itu mengakibatkan 48 orang tewas serta 46 orang lain luka-luka.

Membuat masyarakat bertanya apa sebenarnya penyebab dari peristiwa pagi itu.

Walaupun Kembang api kawat memang tidak termasuk kategori barang ilegal,tidak berati bahan baku kembang api kawat tidak berbahaya. Terdapat tiga komponen utama kembang api kawat: bahan bakar bubuk logam, oksidator, dan pengikat reaksi (binder).

Bahan bakar bubuk logam yang dipakai biasanya berupa serbuk besi, sulfur, tembaga, aluminium, magnesium, barium, stronsium, atau titanium.

Dalam satu kembang api lawat terdapat 50% oksidator(kalium klorat,kalium nitrat)?Senyawa tersebut akan mengalami dekomposisi yang memicu terbakarnya bubuk logam dan bunga api akan bereaksi.

Walaupun low power, tapi dengan jumlahnya yang banyak, dapat mengakibatkan ledakan besar.

Dalam kasus ledakan pabrik kembang api di Kosambi minggu lalu, ahli peledak Profesor Irwandy Arif,menyebut bahwa ledakan ini tidak terhitung dalam kategori high explosive.

Profesor Irwandy Arif menambahkan bahwa ledakan yang terjadi tidak terlalu kuat(tidak meledak se perti bom) namun karena akibat tumbukan api dengan bahan baku.

Keterangan tersebut diperkuat dengan pengakuan narasumber di sekitar lokasi pabrik, mereka hanya mendengar suara ledakan besar?bahana yang menggelegar dengan sedikit getaran.

Ahli forensik dari Universitas Gadjah Mada, dr. Dewanto Yusuf Priambodo.mengatakan bahwa Dalam kasus ledakan kembang api di Kosambi,dia tidak melihat ada dampak seperti efek bom terhadap para korban,mayoritas organ tubuh para korban terlihat masih utuh.

Dari video evakuasi korban, terlihat banyak buruh pabrik berlarian dengan kondisi pakaian terbakar. Ini mengindikasikan: ledakan menimbulkan gelombang api dan suhu tinggi?yang mencapai 1.000-1.600?C.

Dewanto menilai, penyebab banyak kematian bukanlah ledakan. Namun karena asap tebal?ekses terbakarnya bahan baku kembang api.
Partikel logam dalam asap yang dipancarkan oleh kembang api berbeda dari asap lain.

Riset penelitian toksikologi dari Institute of Environmental Assessment and Water Research (IDAEA-CSIC) menyebut bahwa partikel logam asap dari bahan baku kembang api bersifat bioaktif, dan mempercepat sesak napas karena abu akan masuk dalam kerongkongan,sehingga menutup pernafasan.

?

img
BeJo@23
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU