Antisipasi Rusak, Wisatawan Dilarang Pegang Candi Prambanan

  • Regional
  • 11 Nov 2017 | 16:28 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 131 kali
image
Foto:istimewa

SLEMAN, beritajowo.com?- Untuk menjaga kondisi bebatuan kuno Candi Prambanan,??Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY akan mengkaji peraturan bagi wisatawan.

Direktorat Warisan Diplomasi Budaya (WDB) akan digandeng dalam?pengkajian visitor management akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Kepala BPCB DIY Ari Setyastuti mengatakan, penyusunan aturan ini diperlukan sebagai bahan evaluasi aktivitas kunjungan ke salah satu objek peninggalan bersejarah itu.

"Tim akan mengkaji kembali hal-hal apa saja yang boleh ataupun tidak boleh dilakukan oleh pengunjung. Tujuannya untuk meminimalisir dampak kerusakan pada bagian candi sehingga bisa tetap lestari," paparnya kepada wartawan, kemarin.

Tidak semata soal larangan, visitor management juga diharapkan mampu memberikan makna edukasi kepada pengunjung, semisal dari sisi sejarah maupun pengetahuan tentang teknologi bangunan candi.

Disamping itu untuk menumbuhkan kesadaran wisatawan mengenai pelestarian cagar budaya, serta mengoptimalkan kepuasan pengunjung dalam memperoleh informasi.

"Semoga aturan tersebut bisa diimplementasikan secara menyeluruh, dan dipatuhi oleh semua pihak karena masih saja dijumpai pelanggaran. Contohnya sudah diberi tanda larangan memanjat candi tapi masih ada yang melanggar," ungkapnya.

Sebelumnya sempat muncul wacana larangan bagi pengunjung menyentuh batu candi.

Pertimbangannya karena kandungan minyak, dan keringat yang ada di tangan manusia dikhawatirkan bisa menempel di bebatuan candi, dan membuatnya rentan rusak.

Namun demikian, wacana ini urung diberlakukan.?

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU