Ini Alasan Kenapa Orang Dewasa Tetap Perlu Vaksinasi

  • Info Publik
  • 24 Okt 2020 | 16:21 WIB
  • Oleh bejo
  • Dilihat 651 kali
image

Vaksinasi bukan hanya berlaku saat bayi. Bagi orang dewasa vaksinasi sama pentingnya dengan untuk anak atau bayi. Meski demikian, masih banyak orang dewasa yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap sesuai yang diperlukan. Padahal, usia dewasa merupakan masa-masa produktif karena padatnya aktivitas. Faktor gaya hidup, pola makan, olahraga, dan istirahat menjadi hal-hal yang menentukan kondisi kesehatan saat dewasa hingga usia lanjut.

Kenapa Orang Dewasa Perlu Vaksinasi?

Vaksinasi penting dilakukan karena bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Saat Anda terkena penyakit yang sebenarnya, tubuh sudah terlindungi dan siap menangkalnya sehingga tidak berkembang menjadi penyakit tersebut.

Di Indonesia, ada lima jenis vaksin yang wajib diterima, yaitu hepatitis B, BCG, Polio, MR, dan DTP. Jika Anda belum menerimanya ketika kecil, Anda wajib mendapatkan jenis-jenis vaksin tersebut saat dewasa. Berikut jenisnya:

1. Hepatitis B

Berdasarkan pusat data dan informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2014, Indonesia termasuk daerah endemik tinggi untuk hepatitis B terbesar kedua di wilayah Asia Tenggara setelah Myanmar. Itulah alasan vaksin hepatitis B wajib bagi Anda.

Vaksin jenis ini dianjurkan bagi Anda yang bekerja di rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang berisiko tinggi terkena kontak dengan darah atau cairan tubuh, sering bergonta-ganti pasangan seksual, menderita penyakit seksual menular, pengguna narkoba, dan bagi pria yang berhubungan seksual dengan pria.

2. BCG

Vaksin yang berguna untuk mencegah terkena penyakit tuberkulosis atau TB. Setiap orang wajib mendapatkan 1 kali vaksin ini. Melalui vaksin ini semua orang akan terlindungi dari penyakit, mengingat pada tahun 2015 diperkirakan terdapat 10,4 juta kasus baru TB di Indonesia.

3. Polio

Virus penyebab penyakit polio bisa menyerang sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan. Vaksin polio oral (OPV) akan diberikan pada saat lahir, usia 2, 4, 6, 18 bulan. Sedangkan untuk vaksin polio suntik (IPV) diberikan saat berada di usia 2, 4, 6-18 bulan dan 6-8 tahun.

Bagi Anda yang baru mendapatkan vaksin polio sekali atau dua kali semasa kanak-kanak, Anda wajib menyelesaikan rangkaian vaksin polio ini saat dewasa. Sedangkan bagi  yang belum pernah menerima vaksinasi polio sama sekali, dianjurkan untuk mendapatkan penyuntikan vaksin polio sebanyak tiga dosis.

4. MR

Vaksin MR merupakan kombinasi dari vaksin campak dan Rubella. Vaksin MR diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan campak Jerman karena campak dan rubella  merupakan penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Karena itu, anak yang telah mendapat imunisasi vaksin MMR masih harus mendapatkan vaksin MR untuk memastikan kekebalan penuh terhadap penyakit campak dan rubella.

5. Tdap

Vaksin ini mengandung mikroorganisme yang sudah mati sehingga bisa mencegah Anda terserang penyakit difteri, tetanus dan pertusis atau batuk rejan. Vaksin ini direkomendasikan bagi yang belum pernah mendapat vaksinasi DTP saat merasa kanak-kanak, khususnya yang bekerja di rumah sakit, wanita hamil yang memasuki usia kandungan 27 hingga 36 minggu dan yang mengasuh bayi di bawah usia setahun.  Sebaiknya menyuntikkan vaksin ini setiap 10 tahun sekali untuk mencegah Anda terkena difteri dan tetanus.

Itulah kenapa orang dewasa perlu Vaksinasi. Jika Anda ingin konsultasi seputar kondisi kesehatan tubuh dengan para dokter, Anda bisa menggunakan fitur chat dokter dengan mendownload aplikasi Halodoc dulu. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menghubungi dokter yang sedang aktif pada aplikasi ini yang ditandai dengan warna hijau di samping avatar mereka.

Bagi Anda yang tinggal di Kota Yogyakarta dan ingin melakukan vaksinasi, Anda bisa mengetahui lokasi vaksin terdekat dengan tempat tinggal Anda melalui aplikasi Halodoc. Cukup masukkan kata kunci “vaksin Yogyakarta” di kolom pencarian. Setelah itu, akan ditampilkan detail lokasi, jenis vaksin, serta biaya yang diperlukan. Tentunya sangat mudah bukan?

 

img
BeJo@23
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU