Berbagai Kasus Pinjaman Online yang Sering Terjadi

  • Info Publik
  • 15 Sep 2020 | 15:00 WIB
  • Oleh bejo
  • Dilihat 1209 kali
image

Lembaga pembiayaan dengan teknologi yang mutakhir seperti aplikasi pinjaman online, jumlahnya terus bertambah. Apalagi banyaknya orang yang membutuhkan dana secara darurat membuat pinjaman secara online ini menjadi hal yang banyak dicari. Kemudahan persyaratan di dalamnya menjadi salah satu kelebihan dari pinjaman online ini.

Dengan jumlah aplikasi pinjaman online yang sangat banyak, membuat sistem pinjaman ini juga rentan terhadap berbagai kasus teror maupun penipuan. Berikut ini beberapa bentuk teror dan juga ancaman yang perlu Anda ketahui, supaya Anda terhindar dari jenis pinjaman yang ilegal dan merugikan di kemudian hari :

1.      Pihak aplikasi pinjol yang terus menerus melakukan teror pada pihak peminjam yang dilakukan setiap hari melalui telepon.

2.      Penagihan juga dilakukan melalui orang-orang terdekat dari si peminjam misalnya keluarga, teman, kerabat, bahkan atasan/bos di perusahaan tempat si peminjam bekerja. Caranya yaitu dengan mengakses sejumlah data dan informasi dari kontak handphone si peminjam. Hal itu tentu dilakukan dengan cara yang ilegal.

3.      Membuat grup whatsapp khusus yang isinya adalah orang terdekat dari si peminjam seperti keluarga, teman, kerabat, dan atasan/bos di perusahaan tempat si peminjam bekerja.

4.      Penagihan hutang juga dilakukan dengan menyebarkan foto nasabah atau si peminjam di media sosial. Bahkan jika ada foto yang berbau pornografi di handphone si peminjam juga akan disebarkan dengan cara ilegal, lalu dimasukkan ke dalam grup whatsapp tersebut.

5.      Mengancam si peminjam dengan mewajibkan peminjam untuk mau menjual ginjalnya atau melakukan pelecehan seksual supaya peminjam mau membayar hutang.

6.      Mengintimidasi peminjam dengan mengirimkan pesan-pesan melalui SMS ke semua nomor kontak peminjam.

7.      Mengintimidasi peminjam dengan mengirim kata atau kalimat yang kasar bahkan menjurus ke pelecehan seksual.

Langkah yang Bisa Dilakukan untuk Menghindari Kasus Pinjol

Berbagai contoh kasus pinjaman online tersebut tentu sangat perlu untuk diwaspadai. Untuk menghindari adanya 7 kasus sistem pinjol tersebut, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut:

1. Lakukan Restrukturisasi Pinja man

Upaya dari kedua belah pihak baik si peminjam maupun yang memberi pinjaman dalam menyelesaikan utang yang gagal dibayar secara kredit, dinamakan dengan restrukturisasi pinjaman. Cara restrukturisasi pinjaman yang gagal dibayar yaitu :

a.       Jumlah suku bunga pinjamannya diturunkan.

b.      Tenor pinjaman diperpanjang.

c.       Tunggakan bunga pinjaman dikurangi.

d.      Pokok hutang tunggakan dikurangi.

e.       Fasilitas peminjam ditambah.

f.       Konversi pinjaman dijadikan penyertaan modal sementara.

2. Permintaan Akan Pengurangan Jumlah Bunga

Debitur juga bisa melakukan negosiasi dengan cara memberi pinjaman untuk mengurangi jumlah bunga. Sehingga beban hutangnya berkurang dan lebih memungkinkan untuk dilunasi.

3. Lapor pada Polisi

Apabila cara pertama dan yang kedua tidak berhasil dilakukan maka salah satu pihak yang merasa dirugikan bisa melapor pada polisi. Apalagi jika pihak aplikasi pinjaman melakukan hal-hal seperti pengancaman, teror dan pelecehan.

Untuk menghindari hal itu, tentu ada solusinya. Salah satunya adalah dengan mengetahui beberapa ciri-ciri aplikasi pinjol yang aman. Keamanan pinjol bisa dilihat dari legalitasnya di OJK, transparansi layanan, dan juga adanya kontak dan alamat yang jelas. Dengan memperhatikan berbagai detail tersebut, diharapkan Anda bisa terhindar dari kasus pinjol yang ilegal dan meresahkan.

Berbagai ciri-ciri aplikasi pinjol yang aman juga bisa ditemukan pada aplikasi Tunaiku. Aplikasi ini sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, sehingga keamanan dari aplikasi ini sangat bisa dipercaya. Kontak dan alamat dari kantor Tunaiku juga bisa diperoleh dengan mudah.

Selain itu, proses pinjam meminjam yang ada di Tunaiku juga mudah dan tidak bertele-tele, sehingga cocok digunakan peminjam yang membutuhkan dana dalam waktu yang mendesak. Para pemula juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah karena user interface yang digunakan sangat mudah untuk dipahami.

 

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU