Satu Pemain Persib Bandung Positif Covid-19

  • Nasional
  • 27 Mar 2020 | 23:06 WIB
  • Oleh Ig
  • Dilihat 613 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / BANDUNG - Persib mengumumkan salah satu pemainnya terkonfirmasi positif terpapar Covid-19, Jumat (27/3). Sang pemain langsung menjalani isolasi mandiri di bawah pantauan dokter tim dan protokol yang dikeluarkan pemerintah.

"Kami diberi tahu bahwa salah satu pemain kami didiagnosa COVID-19, kami langsung meminta pemain tersebut melakukan isolasi mandiri," kata Dirut Persib, Glen Sugita dalam pernyataan resmi klub.

Sang pemain sendiri dilaporkan dalam kondisi tanpa gejala. Klub pun memastikan kebutuhan pemain selama menjalani isolasi terjamin termasuk proses pengantaran makanan dan minuman tanpa kontak.
 
Untuk membantu menekan resiko penyebaran virus tersebut, mereka sudah melaporkan kasus tersebut ke pihak terkait. Salah satunya guna melakukan penelusuran kontak sang pemain sebelum dinyatakan positif.

Langkah lainnya, mereka langsung mengkarantina seluruh pemain dan ofisial sesuai protokol. Jadwal latihan reguler Persib pun ditangguhkan sampai dengan isolasi mandiri selesai dilakukan.

Selain itu, Persib langsung melakukan pembersihan menyeluruh dengan disinfektan di asrama pemain dan kantor, termasuk store, café dan radio. Mencuatnya kondisi ini bisa jadi merupakan kasus pertama pemain di lingkup Liga 1 yang terkonfirmasi positif korona.

Dokter Tim, Raffi Ghani atas seizin pemain menjelaskan bahwa sang pemain dalam kondisi normal dan tak menunjukan gejala apa pun. Sang pemain dipastikan te rus dipantau kondisinya. Demikian pula kondisi kesehatan pemain dan ofisial lainnya.

Sehari sebelumnya, seperti dikutip dari laman klub, Persib baru saja melakukan tes korona bagi pemainnya untuk gelombang kedua. Satu pemain yakni striker Geoffrey Castillion kembali diikutkan karena baru kembali dari Belanda.

Selain Castillion, pemain yang menjalani tes adalah, Omid Nazari, Fabiano Beltrame dan Wander Luiz. Selain pemain, pelatih Robert Alberts dan Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat, Zaenuri Hasyim juga turut menjalani tes.

Raffi Ghani mengatakan, tes itu merupakan agenda yang sangat penting untuk skuat Pangeran Biru. Selain untuk memastikan tidak adanya yang terpapar virus corona, hasil tes juga sebagai salah satu syarat untuk pemain asing yang ingin pulang ke negara masing-masing.

"Ini adalah pengecekan kepada yang belum tes. Ini untuk mendeteksi sedini mungkin apakah terpapar atau tidak virus corona. Dan bagi pemain asing beberapa memerkukan keterangan bebas Covid 19 untuk bisa pulang," katanya.

Hasil tes sendiri sudah bisa didapatkan kurang lebih sekitar lima jam setelahnya. Khusus Castillion, dia mempunyai pertimbangan tersendiri mengingat sang pemain baru pulang kampung.

"Castillion sebelumnya dilakukan tes pada 16 Maret 2020 dan hasilnya negatif, namun ada kegiatan dia pulang ke negaranya. Setelah pulang, saya berdiskusi, maka dilakukan tes ulang untuk mendeteksi kembali sebagai pencegahan dini," katanya.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU