Penanam Anggur Diimbau Tambahi Nutrisi Antisipasi Gagal Pembuahan

  • Nasional
  • 22 Des 2019 | 16:21 WIB
  • Oleh ADV
  • Dilihat 1543 kali
image
foto: beritajowo.com / dok

beritajowo.com / semarang - Tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam menanam buah anggur, menjadikan para petani harus memperhatikan cara perawatannya. Kesulitannya adalah saat pembuahan dan perawatan pas berbunga. Karena kalau tidak cermat dan hati hati akan gagal panen.

Wacana itu mengemuka pada perbincangan bagaimana menanam buah anggur yang berlangsung di sela acara Festival Agro Wisata, di Desa Wisata Lembah Kalipancur, Jumat (20/12) siang.

Sudaryo, pakar tanaman yang berbicara dalam kesempatan itu mengatakan, sampai saat ini masih banyak para petani kurang cermat dalam memperlakukan tanaman anggur, terutama menghadapi musim hujan seperti sekarang ini.

"Cara meraw at tanaman itu sebetulnya sama dengan tanaman aglonema, hanya pada anggur jika terkena air hujan harus ditambah lagi dengan nutrisi. Yang penting adalah memperhatikan udara dan sinar matahari yang diterima tanaman. Kuncinya ada pada sirkulasi udara dan sinar matahari," kata Sudaryo yang juga pemilik Cahayatani Farm Semarang ini.

Festival Agro Wisata diselenggarakan Wolu Production bekerjasama dengan Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang dalam rangka memanfaatkan liburan akhir tahun. Acara itu akan berlangsung sampai akhir tahun di Lembah Kalipancur, Ngaliyan, Semarang Barat. "Tananam anggur inlah yang akan dilelang pada acara festival akhir bulan nanti," tambah Retno Setyani, sekretaris Wolu Production.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU