Musim Hujan, Peternak Waspadai Penyakit Hewan Ternak dan Unggas

  • Regional
  • 12 Des 2019 | 14:01 WIB
  • Oleh ADV
  • Dilihat 873 kali
image
foto: beritajowo.com/dok

Beritajowo, SEMARANG - Salah satu kandidat MNCTV "Pahlawan Untuk Indonesia 2013", Drh Mukhlas Yasi Alamsyah mengimbau para petenak sapi, kambing dan unggas untuk mewaspadai dengan seringnya turun hujan belakangan ini.

Berbicara seputar hewan sehat di kantornya Rabu (11/12), penyelia Animal Center "Drh Nugroho" Semarang ini mengatakan, "Memasuki musim hujan, peternak sapi kambing dan lainnya memang mudah memperoleh hijauan rumput untuk ternak. Tapi yang perlu diwaspadai adalah rumput yang masih muda, dengan kandungan air dan protein tinggi dan ebrserat kasar," kata dia.

Menurut dokter hewan lulusan Universitas Airlangga, Surabaya ini, rumput muda itu dapat memicu kasus kembung dan diare pada ternak. Juga banyak dijumpai kasus-kasus gangguan pencernaan yang lainnya.

"Untuk ternak unggas, ayam kampung dan lainnya dengan sinar matahari yang berkurang di musim hujan yang berkurang ini, akan banyak memicu kasus, yang sering terjadi adalah ND/Tetelo (penyakit yang menyerang ayam dengan gejala kepala melintir), dan flu burung.

"Tindakan sanitasi kandang dan penyimpanan pakan yang baik, terutama jagung dapat mengurangi risiko terkena penyakit pada unggas," kata Mukhlas YA.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU