Hindari Parasit, Kenalkan Kondisi Hewan pada Anak Sejak Dini

  • Regional
  • 24 Nov 2019 | 20:08 WIB
  • Oleh ADV
  • Dilihat 390 kali
image
Drh Heru Wahyono (kanan), drh Muhammad Faiz dan drh Lely Anggriani Nababan, di Animal Center Drh. Nugroho, Semarang.(foto dok)

Beritajowo.com, SEMARANG - Para pemilik hewan piaraan diminta untuk terus memeriksa kondisi hewan kesayangannya terkait dengan adanya penyakit parasit. Ironisnya, penyakit parasit itu sering tidak disadari oleh para pemilik hewan piaraan seperti kucing dan anjing, sehingga membiarkan seolah hewan kesayangannya itu baik-baik saja.

Isu itu mengemuka pada perbincangan sekitar Penyakit Parasit Hewan Piaraan yang berlangsung di Drh Nugroho Animal Center, Jalan Imam Bonjol Semarang akhir pekan lalu. 

"Parasit ini akan timbul kalau kita tidak bisa menjaga kebersihan dari hewan. Caranya memang harus rutin dengan memandikan hewan, lalu mengobati, mencegah parasit supaya tidak kembali. Penyembuhkan penyakit parasit pada hewan seperti kucing atau anjing, yakni dengan metode penyuntikan d an tetes dan melalui metoda oral untuk menanggulangan cacing," kata drh Heru Wahyono, manajer klinik Drh.
Nugroho Animal Center. 

Melatih menengarai adanya parasit hewan piaaraan itu, menurut dokter hewan lulusan UGM ini, akan sangat efektif dimulai pada tingkat anak usia dini seperti PAUD, TK dan SD. Dalam kesehariannya anak-anak itu sangat dekat dengan hewan piaraan. Jika hewannya terdapat parasit, maka anak-anak juga akan merasakan secara fisikal, misalnya gatal-gatal dan timbulnya ruam-ruam pada kulit.

Pentingnya mengedukasi anak-anak usia TK dan SD untuk pemahaman kesehatan hewan kesayangan akan menjadi fokus Drh Nugroho Animal Center Semarang. Edukasi yang dimaksud adalah adanya kegiatan seminar dan peninjauan keliling (outing) ke Animal Center dalam waktu dekat.

img
BeJo@22
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU