Hari Rabies se Dunia Hari Ini Diperingati dengan Diskusi

  • Nasional
  • 28 Sep 2019 | 21:59 WIB
  • Oleh ADV
  • Dilihat 290 kali
image
Para pembicara berfoto bersama Kepala Disnakeswan Lalu M Safriadi. (foto dok)

Beritajowo.com, SEMARANG - Pada peringatan hari Rabies se Dunia yang jatuh pada 28 September, Balai Karantina Kelas I Semarang terus bertekat untuk meningkatkan sistem kegiatan pencegahan terjadinya penyakit penularan hewan (zoonosis) sebagai aktivitas keluar masuknya hewan piaraan melalui penggunaan sarana transpotasi.

"Kami adalah benteng pertahanan untuk menjaga kesehatan hewan, kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan," kata drh Husni Thamrin, Medic Veteriner Balai Karantina Kelas I Semarang, pada seminar dan diskusi Transportasi Hewan Kesayangan di Aula Drh Nugroho Animal Center, jalan Imam Bonjol Semarang Sabtu (28/9).

Pada seminar yang merupakan hasil kerjasama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jateng I dengan Drh Nugroho Animal Center itu, Husni Thamrin lebih jauh mengatakan, telah ada pemetaan wilayah penyebaran rabies.

Untuk Jawa Tengah termasuk bebas rabies dengan vaksinasi. Diikuti Jogjakarta, DKI dan Jawa Timur. Sedangkan wilayah bebas rabies tanpa vaksinasi adalah Riau, Bangka Belitung, Papua Barat dan NTB.

"Tapi kami sedang mewaspadai arena tertular rabies yakni ada Jawa Barat, Banten, juga di hampir di seluruh Pulau Sumatera, dan Sulawesi. Untuk wilayah wabah rabies adalah Bali, NTT dan Pulau Nias," kata Husni Thamrin. 

Pihak karantina menyesalkan masih adanya pengiriman hewan tidak melalui kargo khusus hewan, tapi menggunakan bagasi.

"Karena namanya saja hewan kesayangan, maka walaupun satu ekor pun kami tetap memakai istilah ekspor. Kami mencatat hewan piaraan jenis burung paling banyak diangkut melalui jasa transportasi," lanjut drh Husni Thamrin.

Dalam kesempatan sama, Lalu M Safriadi, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Jateng, meminta jajaran petshop untuk tidak terkungkung dalam dunianya sendiri.

"Kami selaku pemerintah mengajak pengusaha petshop untuk melihat dunia luar. Maka untuk memperingati Hari Rabies se Dunia ini, kami mengajak stakeholder dan PDHI untuk berkumpul di arena Car Free Day hari Minggu besok," kata Lalu M Safriadi. 

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU