Wayang Kulit salah satu pilar kebudayaan nasional

  • Nasional
  • 11 Agu 2019 | 23:12 WIB
  • Oleh sm.com
  • Dilihat 121 kali
image
foto: istimewa

beritajowo.com / KENDAL - Wayang kulit merupakan salah satu seni dari budaya bangsa Indonesia. Selama ini wayang kulit masih disukai kalangan masyarajat. ‘’Oleh karena itu keberdaraan wayang kulit sebagai salah satu budaya bangsa Indonesia supaya dipertahankan,’’ kata Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Jateng Untung Wiyono pada pelantikan pengurus Pepadi Kendal masa bakti 2019-2024 yang digelar di Alun-alun, Kendal belum lama ini.

 

Untung mengatakan, selama wayang kulit digemari masyarakat, maka tolerasi, ketenteraman dan kedamaian akan tetap terjaga. Jika minat masyarakat terhadap seni budaya semakin kurang, maka pimpinan daerah harus ikut membantu supaya seni budaya kembali diminati masyarakat. ‘’Perlu kerja sama antara pepadi dengan pemerintah daerah untuk memajukan seni budaya,’’ kata tuturnya.< /p>

Ketua Pepadi Kendal, Joko Gunawan mengatakan, salah satu program Pepadi Kendal yakni membuka kursus pedalangan, karawitan dan warenggono. Hal itu bertujuan mendidik generasi muda mencintai wayang kulit.

‘’Selain melatih keterampilan, kursus untuk mendidik supaya generasi muda memiliki budaya baik dan menjaga sopan santun,’’ jelas dia.

Penjabat Sekda Kendal, Sugiyono, mengatakan, pagelaran wayang kulit remaja itu bertujuan mencari bibit dalang yang handal dan melestarikan wayang kepada generasi muda.

Masyarakat, lanjut dia, supaya menjaga kelestarian wayang, karena wayang sebagai salah satu pilar kebudayaan nasional. ‘’Kesenian wayang, selain sebagai hiburan, juga salah satu alat komunikasi menyebarkan hasil pembangunan dan kemajuan yang dilakukan pemerintah daerah kepada masyarakat,’’ terangnya.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU