Temukan Metode Cuci Otak, dr Terawan Dianugerahi Penghargaan Leprid

  • Info Publik
  • 26 Jul 2019 | 13:42 WIB
  • Oleh sm.com
  • Dilihat 285 kali
image
foto: Suaramerdeka/dok

beritajowo.com / semarang - Kepala RSPAD Gatot Soebroto Mayjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) RI dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement Award dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid)  atas keberhasilannya menemukan metode cuci otak (Brain Wash) dengan modifikasi program digital Substraction Angiography (SDA) untuk penyakit stroke.

Ketua Umum Leprid Paulus Pangka memberikan penganugerahan penghargaan berupa medali, piagam dan piala prestasi kepada dr Terawan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu (17/7) lalu. Paulus Pangka mengatakan Leprid  sebelumnya telah melakukan menelusuran tentang prestasi dr Terawan sebelum akhirnya memberikan penghargaan.

“Dari penelusuran Leprid,  dr Terawan sejak tahun 2005 telah berhasil menemukan metode cuci otak (Brain Wash) dengan modifikasi program digital Substraction Angiography (SDA) untuk penyakit stroke. Dan jumlah pasien yang ditanganinya hingga kini sudah mencapai puluhan ribu pasien. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa yang dilakukan dr Terawan untuk menolong pasien dalam penyembuhan stroke sehingga Leprid perlu memberikan penghargaan,” ungkap Pendiri Leprid, Paulus Pangka di kantornya Jl Berlian Semaran g, kemarin.

Bahkan, menurutnya metode pengobatan tersebut telah diterapkan di Jerman dengan nama paten “ Terawan Theory”. Ia juga telah berhasil membuktikan kepada dunia medis, meski menjadi dokter militer yang juga menjabat Kepala RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, namun tetap bisa memberikan penemuan metode baru serta pelayanan yang terbaik dan cepat kepada pasien stroke agar cepat pulih.

“ Leprid menilai bahwa apa yang diberikan dr Terawan layak mendapat apresiasi atas prestasi yang inovatif  dan mendunia khususnya di bidang kesehatan dalam memberikan pelayanan dan pengobatan yang terbaik bagi pasien penderita stroke. Kami berharap metode ini dapat dikembangkan sehingga selain penyakit stroke dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan otak/saraf dapat cepat disembuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, dr Terawan menyampaikan terima kasih kepada Leprid yang telah memberi apresiasi Lifetime Achievement Award atas hasil karya yang dicapainya. “Saya melakukan penelitian metode ini semata-mata untuk melayani sesama manusia. Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi para dokter dan tenaga kesehatan dalam melayani kesehatan masyarakat dengan melakukan inovasi-inovasi baru,” ungkap Terawan.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU