Pengobatan Gratis diserbu warga

  • Info Publik
  • 21 Jul 2019 | 20:38 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 152 kali
image
foto: beritajowo.com/dok

beritajowo.com / Pandanarum -  Sedikitnya 262 warga Desa Lawen,  Kecamatan Pandanarum,  Kabupaten Banjarnegara mendapatkan manfaat dari pengobatan gratis yang digelar oleh PMI Banjarnegara yang bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Banjarnegara yang dilaksanakan pada Sabtu (20/7) bertempat di KUB Argo Lestari Lawen. 

Kepala Desa Lawen Suwarno mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada PMI dan Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Banjarnegara yang sudi datang,  membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan berupa  pengobatan dan pemeriksaan kesehatan.

"Kami sangat berterima kasih sekali atas sumbangsih kawan kawan PMI dan Apoteker Banjarnegara yang telah berkenan datang,  membantu masyarakat kami yang notabenya memang sangat membutuhkan layanan kesehatan" paparnya. 

Atas nama pribadi dan pemerintah desa juga memberikan penghargaan kepada Tim Sibat PMI desa Lawen yang telah berusaha mencurahkan tenaga, pikiran bahkan materiil guna terlaksananya kegiatan tersebut. 

Pihaknya berharap kegiatan serupa dapat kembali digelar beberapa waktu kedepan karena masyarakat diwilayahnya memang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan dikarenakan jarak serta akses yang jauh serta sarana ditambah lagi prasarana yang kurang memadai. 

Humas PMI Banjarnegara M. Alwan Rifai mengatakan kegiatan bakti sosial Pengobatan Gratis PMI yang bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Banjarnegara diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat bagi masyarakat terutama diwilayah terpencil dan jauh dari akses layanan kesehatan untuk mendapatkan layanan kebutuhan dasar berupa kesehatan yang layak.

"alhamdulillah di Lawen antusias masyarakat sangat tinggi,  hingga sore hari kami mampu melayani 262 pasien dari berbagai usia dan aneka keluhan masalah kesehatan"  ujarnya. 

Tingginya peran serta dan antusias masyarakat tak telerpas dari peran Tim Sibat PMI Lawen yang bekerja keras mensosialisasikan dan mempersiapkan kegiatan tersebut secara kontinyu ke seluruh dusun di Lawen. Jumlah tersebut masih jauh dari target karena masyarakat di dua dusun terjauh tidak dapat turun ke lokasi karena akses infrastruktur serta kondisi medan yang tidak mendukung. 

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Banjarnegara Heny Setyo Tus Istanto berharap kolaborasi dengan PMI dapat terus berlanjut agar sinergitas untuk kemanusiaan dan melayani masyarakat yang membutuhkan dapat terus dilakukan dalam rangka membantu tugas pemerintah menuju masyarakat yang sehat. "jarak yang jauh dan kondisi medan yang sulit tak menjadi halangan bagi kami untuk ikut berkarya dan berbuat bagi masyarakat yang membutuhkan,  apa yang kami lakukan bersama team semoga dapat bermanfaat meski ditengah segala keterbatasan"  paparnya. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan diagnosa dokter dalam kegiatan pengobatan gratis tersebut mayoritas masyarakat mengeluhkan sakit nyeri sendi,  pegal pegal,  gatal dan alergi,  batuk, radang, ispha, hipertensi dan ada beberapa pasien yang menderita stroke serta komplikasi. 

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU