Tanamkan Disiplin, TNI Berikan Wasbang dan PBB Saat MPLS

  • Nasional
  • 17 Jul 2019 | 05:29 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 151 kali
image
foto: beritajowo.com/dok

beritajowo.com / Tulungagung – Para anggota Koramil 0807/16 Karangrejo memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang), bela negara, tata upacara dan latihan baris berbaris (LBB) di SMPN 1 Karangrejo, SMPN 2 Karangrejo dan MTSN 6 Tulungagung dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Selasa (16/07/2019).

Pelaksanaan kegiatan MPLS di sekolah dapat bekerja sama dengan pihak lain. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan dan tercapainya hasil yang optimal. SMPN 1 Karangrejo, SMPN 2 Karangrejo dan MTSN 6 Tulungagung bersinergi dengan TNI dalam kegiatan MPLS tahun 2019. 10 orang anggota Koramil 0807/16 Karangrejo terlibat dalam kegiatan MPLS, 2 orang (Peltu Haryana dan Serda Miswanto) memberikan pendampingan di SMPN 1 Karangrejo, 4 orang (Sertu Juntak, sertu Darman, Serda Suparman dan Koptu Roni) memberikan pendampingan di SMPN 2 Karangrejo sedangkan 4 orang (Pelda Jarod, Serka Agus, Serda Sugiono dan Serda Samsuri) memberikan pendampingan di MTSN 6 Tulungagung.

Seperti diinformasikan sebelumnya, materi kegiatan MPLS berkaitan dengan tata tertib siswa, program Extra Kurikuler dan cara belajar, wawasan Kebangsaan, kepramukaan, pengenalan bahaya narkoba disampaikan oleh guru-guru di sekolah serta dari narasumber dari TNI AD.

Materi peraturan baris berbaris (PBB), pihak panitia bekerja sama dengan TNI dari Koramil 0807/16 Karangrejo.

Para personel TNI memberikan materi PBB dalam bentuk teori terlebih dahu lu, kemudian akan dilanjutkan praktek langsung dengan tujuan untuk membekali siswa baru dengan keterampilan tentang baris-berbaris dan membentuk sikap mental disiplin sebagai siswa di sekolah. Peserta didik baru SMPN 1 Karangrejo, SMPN 2 Karangrejo dan MTSN 6 Tulungagung mengikuti materi dan latihan PBB tersebut dengan serius. Dengan bekal keterampilan PBB ini, siswa dapat menerapkannya di sekolah sehingga tercipta disiplin dalam berbaris.

Disiplin siswa dalam berbaris akan terlihat manakala siswa mengikuti upacara bendera rutin setiap hari Senin maupun upacara hari besar nasional. Sasaran yang lebih jauh adalah peserta didik baru menjadi calon pelaksana upacara bendera di SMPN 1 Karangrejo, SMPN 2 Karangrejo dan MTSN 6 Tulungagung.

Peltu Haryana mengatakan, MPLS merupakan momen dimana yang sangat baik bagi siswa untuk menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru dan mengembangkan interaksi positif antarsiswa ataupun degan warga sekolah lainnya. Dengan pemberian Wasbang dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) diharapkan para peserta didik baru dapat menumbuhkan perilaku positif seperti jujur, mandiri, saling menghargai untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

“Kegiatan MPLS ini wajib diisi kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan. Wasbang dan PBB dapat melatih perilaku positif seperti jujur, mandiri, etos kerja, dan semangat gotong royong.” jelasnya.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU