LIPI: Perlu Solusi Pengelolaan Sampah

  • Nasional
  • 12 Jun 2019 | 02:22 WIB
  • Oleh sm.com
  • Dilihat 249 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / Jakarta -Persoalan sampah plastik yang masih menjadi tantangan besar bagi Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memprediksi jika tidak ada pengelolaan sampah yang baik, pada tahun 2050 jumlah sampah akan melebihi populasi ikan di lautan Indonesia.

Terkait hal tersebut, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama instansi/lembaga dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) duduk bersama mencari solusi dan sistem jangka panjang untuk pengelolaan sampah yang tepat serta efisien. KLHK bersama instansi/lembaga dan LSM perlu memberikan sosialisasi terhadap pemulung dan petugas kebersihan agar dapat memilah sampah organik dan anorganik agar dapat diketahui sampah yang masih dapat dan tidak dapat didaur ulang.

"Pemerintah untuk menyediakan tempat sampa h yang telah dipisahkan berdasarkan jenisnya, serta memberikan papan sosialisasi di sekitar tempat sampah terhadap jenis-jenis sampah yang akan dibuang, sehingga masyarakat dapat teredukasi dan mengetahui jenis-jenis sampah, terutama di tempat-tempat umum," kata Bamsoet, sapaan Bambang, Selasa (11/6/2019).

Dia juga mendorong Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk memberikan arahan kepada para pengusaha untuk dapat membuat sarana tempat mendaur ulang sampah-sampah agar dapat dimanfaatkan, serta untuk menciptakan teknologi yang dapat mengelola sampah sehingga dapat mencegah terjadinya peningkatan volume sampah.

"Masyarakat juga dihimbau untuk membuang sampah pada tempatnya, dan jika perlu melakukan pemisahan sampah berdasarkan jenisnya masing-masing, sehingga mempermudah untuk dilakukan daur ulang sampah," kata Bamsoet. 

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU