Paus Fransiskus Minta Bila Kasus Pelecehan Seksual Segera dilaporkan

  • Internasional
  • 10 Mei 2019 | 09:22 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 245 kali
image
foto.(istimewa)

beritajowo.co // Roma - Paus Fransiskus mewajibkan rohaniwan Katolik untuk melaporkan kasus pelecehan seksual terkait para rohaniwan dan upaya-upaya untuk menutupinya kepada pihak Gereja Katolik.

Menanggapi hal ini, Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo menyatakan di Indonesia belum ada kasus pelecehan seksual oleh rohaniwan terhadap anak-anak.

Menurut Uskup Suharyo Gereja Katolik Indonesia sudah lama melakukan usaha untuk membuat suatu protokol guna menyiapkan langkah-langkah apa yang akan dilakukan ketika suatu kasus terjadi.

Dalam sebuah surat apostolik, yang nantinya akan menjadi hukum Gereja, Paus menyatakan dengan jelas bahwa segala jenis pendekatan seksual yang dilakukan rohaniwan dan melibatkan kekuasaan mereka kini akan dianggap sebagai tindakan pelecehan.

Menanggapi kebijakan ini, Ignatius Suharyo menyatakan bahwa penanganan masalah pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh rohaniwan itu sangat dipengaruhi budaya setempat.

Paus Fransiskus berjanji pada bulan Februari tahun 2019 untuk mengambil langkah nyata untuk menangani pelecehan seksual di kalangan rohaniwan.

Panduan baru i ni disambut baik oleh para pengamat, yang berpendapat bahwa ini telah memulai hal baru dalam upaya Gereja Katolik untuk mengakhiri pelecehan seksual di lingkungan mereka.

Ignatius Suharyo menambahkan bahwa ini merupakan bukti bahwa Gereja Katolik tidak main-main dalam hal ini. Menurutnya, "Gereja ingin supaya menjadi gereja yang dipercaya dan memperhatikan masalah-masalah ini dan mencoba mencari penyelesaiannya dengan jalan-jalan yang tersedia sekali lagi dengan lingkungan latar belakang budaya yang berbeda-beda."

Paus Fransiskus berada dalam tekanan serius untuk memimpin dan menyediakan solusi yang dapat diterapkan bagi krisis besar yang melanda Gereja Katolik.

Ketika terpilih menjadi Paus pada tahun 2013, Paus Fransiskus mengimbau adanya "aksi tegas" terhadap persoalan pelecehan seksual ini.

Namun para pengkritik menyatakan ia belum melakukan tindakan yang cukup untuk meminta pertanggungjawaban para uskup yang diduga menutup-nutupi perkara ini.

Ribuan orang diduga telah mengalami pelecehan oleh para rohaniwan dalam beberapa dekade dan Gereja Katolik dituduh telah menutup-nutupi kejahatan ini di seluruh dunia.

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU