PKK Tegal Bagikan 1.500 Kacamata untuk Siswa SD/MI

  • Regional
  • 16 Apr 2019 | 03:10 WIB
  • Oleh sm.com
  • Dilihat 141 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo.com / SLAWI - Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tegal membagikan 1.500 kacamata baca secara gratis kepada siswa-siswi  Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Untuk tahap pertama, 324 pelajar mengikuti pemeriksaan mata dan mendapatkan kacamata di Gedung PKK Kabupaten Tegal, Senin (15/4).

Ketua TP PKK Kabupaten Tegal, Sisca Zulistia Sabilillah Ardie mengatakan bantuan kacamata berasal dari para donatur. Selain dari CSR, bantuan datang dari Bank BNI 46, Ayopeduli.com, Antangin dan masih banyak lagi.

Menurutnya, TP PKK Kabupaten Tegal bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pendataan terhadap  siswa SD/MI yang mengalami gangguan mata untuk diperiksa kesehatan di Puskesmas.

Selanjutnya data dari Puskesmas dikelompokan per kecamatan. Adapun  pemeriksaan dilakukan secara  bertahap. "Jika bisa diselesaikan dalam satu hari, Insya Allah minggu depan kita lanjutkan kembali," jelas Sisca.

Loading...
Composite End --> >

Pemeriksaan dan pembagian kacamata  tersebut diinisiasi Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tegal bekerja sama dengan Yayasan Bina Bangsa , Jakarta.  

Setelah menyasar siswa SD/MI, kata Sisca,  program tersebut akan ditingkatkan  dengan menyasar siswa SMP dan SMA sederajat.

Sementara itu, Ketua Yayasan Bina Bangsa, dokter Nizar Shihab, menjelaskan 8-10% anak-anak membutuhkan kacamata. Namun, kebayakan dari mereka tidak mengetahuinya. Jadi jika ada penyerahan 1.500 kacamata gratis seharusnya ada 15.000 anak yang diperiksa matanya.

Nizar menyampaikan setelah anak-anak diperiksa di Puskesmas, selanjutnya dilakukan pemeriksaan ulang, karena kacamata yang diberikan langsung disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak.

Seorang siswa, Khasanatun Nisa, mengaku setelah memakai kacamata bisa melihat dengan jelas ketika membaca buku pelajaran. "Dengan kacamata ini belajar jadi lebih giat," kata siswa SD Adiwerna 05 ini.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

KABAR TERBARU